Banyak Dipilih, Sudah Tahu Efek Rokok Elektrik Bagi Kesehatan?

Perkembangan teknologi tidak hanya menyentuh hal-hal dasar kehidupan manusia saja. Kini, rokokpun mengalami perkembangan dengan adanya rokok elektrik atau vape. Banyak yang beranggapan bahwa rokok ini lebih aman daripada rokok tembakau biasa. Sehingga anda mungkin akan sering melihat anak muda yang menganti rokoknya dengan vape. Namun tahukah anda efek rokok elektrik bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut.

Efek Samping Rokok Elektrik Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Resiko Kanker

Meskipun dianggap lebih aman namun belum tentu rokok elektrik memiliki lebih sedikit dampak negatif. Salah satu efek adalah meningkatkan resiko kanker, karena ada sebagian merk cairan rokok elektrik mengandung formaldehida. Formaldehida merupakan salah satu zat yang menyebabkan kanker seperti kanker paru-paru. Tidak hanya beberapa bahan untuk cairan ini apabila dipanaskan juga akan berubah menjadi formaldehida seperti propelin glikol.

2. Menyebabkan Kecanduan

Sama halnya dengan rokok tembakau, rokok elektrik juga bisa membuat kecanduan. Apabila berhenti merokok elektrik bisa membuat pengunanya mudah marah, sulit tidur, gelisah dan juga stress. Sehingga banyak orang yang tidak menyadari jika rokok elektrik juga bisa membuat kecanduan. Apabila cairannya memiliki banyak rasa yang justru membuat rasa enak ini menjadi salah satu alasan untuk diteruskan padahal efek rokok elektrik juga tetap ada.

3. Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung, Diabetes dan Darah Tinggi

Nikotin menjadi kandungan utama di dalam cairan yang digunakan dalam rokok elektrik. Dalam beberapa kondisi pengunaan nikotin dalam jangka panjang akan membuat tekanan darah meningkat. Tidak hanya itu denyut jantung juga ikut meningkat yang membuat resiko penyakit jantung lebih tinggi. Peningkatan resiko resistensi insulin, diabetes tipe 2 juga turut menyertai jika tetap konsumsi nikotin. Memang tidak terdeteksi dalam waktu dekat, namun jika bertahun-tahun?

4. Tingkatkan Resiko Rusaknya Paru Paru

Rokok elektrik memiliki aroma yang beragam mulai dari rasa buah buahan hingga coklat atau vanilla. Memang aroma ini terbilang lezat jika dibandingkan dengan asap rokok tembakau pada umumnya. Namun aroma lezat ini ternyata dihasilkan dari zat berbahaya yang dikenal dengan zat diasetil. Apabila terhirup akan membuat peradangan paru-paru serta meningkatkan resiko penyakit bronchiolitis obliterans.

Penyakit ini  merupakan penyakit langka yang menyebabkan saluran nafas terkecil rusak permanen. Jika dibandingkan dengan asap rokok tembakau, asap rokok elektrik memang lebih aman untuk perokok pasif. Karena kadar racun dan bahan iritannya yang terkandung lebih rendah. Namun tetap saja memiliki efek lainnya yaitu iritasi mata, sesak nafas, pusing atau bahkan batuk pilek. Sehingga tetap harus dihindari terpapar asap rokok elektrik bagi perokok pasif.

5. Turunkan Daya Ingat Pada Anak

Rokok elektrik memang terkenal dan sedang trend di kalangan anak muda atau remaja. Hasil penelitian menyebutkan jika kandungan nikotin dalam rokok elektrik bisa membuat remaja lebih aktif. Namun apabila digunakan dalam jangka panjang akan menganggu daya ingat serta konsentrasinya. Hal ini akan lebih cepat terserang apabila pengguna juga masih mengkonsumsi rokok biasa atau minuman beralkohol. Efek rokok elektrik akan lebih terasa.

Sejauh ini memang efek dari rokok elektrik belum secara langsung bisa dilihat. Namun, anggapan bahwa rokok elektrik lebih aman daripada rokok biasanya belum tentu benar. Segala hal yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang tentunya akan menimbulkan efek yang lain. Apalagi rokok elektrik bukanlah salah satu kebiasaan sehat yang akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Tidak seperti olahraga atau kebiasaan sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Masih Pakai Perawatan Wajah Abal-Abal? Yuk Simak Dampaknya Disini

Masih banyak wanita yang menginginkan memiliki wajah putih nan mulus, sehingga menggunakan segala cara untuk mendapatkannya. Tidak terkecuali dengan menggunakan krim pemutih wajah yang telah jelas dinyatakan berbahaya oleh para ahli. Tanpa disadari, dampak dari¬† perawatan wajah abal-abal akan menghantui mereka. Yuk simak dampak apa saja yang muncul ketika asal memilih perawatan wajah. Dampak Dan […]

Selain Senyum, Yuk Intip 6 Simbol Kecantikan Wanita Yang Harus Kamu Tahu

Seringkali wanita tidak percaya diri dengan penampilannya, padahal kecantikan tidak selalu datang dari luar. Sebagian wanita selalu berpikir bahwa orang cantik merupakan wanita yang mampu berias, berpenampilan menarik, berpakaian modis ataupun memiliki badan yang tinggi dan putih. Namun bukan hanya itu, senyuman yang datang dalam diri adalah simbol kecantikan wanita yang juga kamu miliki. Selain […]