Biar Gak Melar, Yuk Simak Cara Berhenti Mengemil Di Malam Hari

Menjelang tengah malam, ada kalanya perut terasa lapar yang mengharuskanmu untuk memakan kudapan. Walaupun sebenarnya, memakan kudapan di malam hari tidak dianjurkan dan disebut sebagai kebiasaan buruk. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak akan mencerna makanan dengan baik ketika menjelang tidur. Namun, memakan kudapan di malam hari memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pelakunya. Agar tidak keterusan, yuk simak cara berhenti mengemil di malam hari.

Langkah Menghentikan Mengemil Di Malam Hari

1. Mengenali Akar Penyebab Rasa Lapar
Memakan makanan di malam hari, bisa menjadi faktor bahwa kebutuhan kalori harian belum terpenuhi dengan sempurna. Sehingga, tubuh meminta kita untuk menambah asupan kalori yang sebelumnya belum didapatkan tubuh. Sebab, tubuh yang kekurangan kalori akan terlihat lemas dan tidak bertenaga. Tanpa disadari, memakan cemilan di malam hari bukan didasarkan dari lapar sungguhan, namun karena adanya emosional saja.

Cara mengenali adanya lapar secara emosional ini, dapat dibagi menjadi beberapa cara. Yang pertama adalah, kenali apakah rasa lapar yang dirasakan datang secara bertahap atau datang dengan tiba tiba. Sebab, rasa lapar yang berasal dari emosional saja akan datang secara tiba tiba. Sedangkan untuk lapar karena tubuh kekurangan kalori, ditandai dengan rasa lapar bertahap. Pada kasus ini, sebaiknya segera penuhi kalori tubuh agar tidak mudah sakit.

Cara berhenti mengemil paling ampuh adalah, mengetahui faktor penyebab rasa lapar itu sendiri, yaitu dengan mengetahui jenis makanan yang sedang diinginkan. Ketika kamu ingin memakan makanan manis ataupun gurih, bisa saja disebabkan dari adanya lapar emosional saja. Sedangkan ketika tubuh kalori lebih, tubuh akan memberikan sinyal untuk memakan makanan kaya akan kalori atau makanan berat, seperti nasi, lontong, ataupun makanan berat lainnya.

2. Mengubah Gaya Hidup Makan
Salah satu cara agar kamu tidak ngemil di malam hari adalah dengan membiasakan sarapan pagi setiap harinya. Sarapan ini, juga memiliki manfaat baik bagi tubuhmu. Terutama ketika kamu memilih makanan sehat untuk menemani sarapan, membuatmu lebih bersemangat menjalani hari. Selain itu, sarapan pagi membuatmu merasa lebih kenyang ketika di malam hari. Pengalihan asupan kalori ini, dianggap salah satu cara efektif untuk mencegahmu memakan kudapan di menjelang tengah malam.

Cara berhenti mengemil lainnya adalah, dengan memilih makanan dengan kandungan protein tanpa lemak, buah, dan gandum utuh. Sebab, makanan ini dinilai sehat dan tepat ketika dikonsumsi pada pagi hari. Apabila ingin melakukan aktifitas berat, ada baiknya untuk meningkatkan jumlah kalori yang akan dikonsumsi. Sebab, aktifitas yang banyak tentu tubuh memerlukan kalori lebih untuk menghasilkan tenaga tambahan.

3. Mengamati Rutinitas Setiap Harinya
Untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan dirimu merasa lapar di malam hari, bisa dilakukan dengan mengamati setiap harinya, mulai dari aktifitas pada siang hari ataupun malam hari. Beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab ingin makan di tengah malam adalah karena membatasi asupan kalori ataupun sengaja melewatkan jam makan siang. Jika kondisinya seperti ini, wajar saja jika pada tengah malam perutmu meronta ingin makan.

4. Singkirkan Makanan Rendah Gizi
Pernahkan kamu sadari jika terdapat kudapan favorit di sekitarmu, maka pikiranmu ingin memakannya saat itu juga. Kehadiran kudapan tersebut, membuatmu fokus untuk segera memakannya bahkan jika kondisimu sedang tidak lapar. Sebab, lapar yang dimaksud adalah lapar emosional, dimana kamu hanya menginginkan rasa dari kudapan tersebut. Cara berhenti mengemil kudapan tersebut adalah dengan menyingkirkan godaan tersebut, atau bisa juga dengan menyembunyikannya.

Memiliki kudapan favorit di dalam hunian memang terasa menyenangkan. Sebab, setiap saat kamu bisa memakannya, terutama ketika lapar ataupun hanya sekedar untuk mengisi perut yang lapar. Namun, kudapan ini bisa mendatangkan kebiasaan makan di tengah malam walaupun perut tidak merasakan lapar,  sebab rasa lapar datang dari lapar emosional saja. Untuk mencegah kebiasaan buruk tersebut, sadari pentingnya kesehatan tubuh dan ubah gaya hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Makin Rapi, Yuk Ketahui 5 Cara Menata Barang di Rumah Sempit

Masyarakat saat ini banyak yang menyukai rumah model minimalis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya renovasi dan terkesan lebih simple. Sayangnya kondisi ini akan menjadi masalah jika perabotan yang dimiliki cukup banyak. Lalu bagaimana agar rumah tidak terlihat sumpek dan tetap rapi? Berikut ini 5 cara menata barang di […]

Internet dan WFH

WFH sendiri tidak bisa dipisahkan dengan internet, karena pekerjaan yang awalnya dilakukan secara offline harus beralih menjadi online. Maka dari itu, anda perlu melakukan cara ngecek kuota agar mengetahui sisa kuota di perangkat, sehingga WFH bisa berjalan dengan baik. Selain itu, WFH juga biasanya memakan internet dalam jumlah yang cukup banyak, karena sebagian besar waktu […]