Masih Ragu, Bolehkan Minum Jamu Setiap Hari? Simak Faktanya Di Sini

Jamu merupakan obat herbal di Indonesia yang sudah diyakini secara turun temurun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahan bahan yang digunakan untuk jamu memiliki khasiat yang dinilai cukup ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, konsumsi jamu harus menggunakan dosis dan cara yang tepat. Mungkin anda bertanya tanya, bolehkan minum jamu setiap hari? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Kebolehan Minum Jamu Setiap Hari

Berdasarkan pernyataan kementerian kesehataan, konsumsi jamu bisa dilakukan setiap hari. Mengingat banyak sekali manfaat yang diperoleh tubuh ketika minum jamu, salah satunya memperbaiki imun di dalam tubuh, untuk meningkatkan kebugaran dan sebagai salah satu cara pemulihan. Bahkan jamu juga diyakini dapat dijadikan sebagai alternatif agar wajah tetap awet muda. Meskipun memiliki manfaat yang banyak, konsumsi jamu juga tidak boleh secara berlebihan.

Minum jamu yang berlebihan dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap sistem pencernaan maupun organ lainnya. Apalagi jika jamu tersebut mengandung bahan pengawet, zat asam dan beberapa zat kimia lainnya yang perlu diwaspadai. Agar konsumsi jamu lebih aman, sebaiknya anda bisa membuat jamu sendiri di rumah. Jika memang lebih suka membeli, pastikan jika produknya sudah terjamin higienis dan sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Konsumsi jamu harus memperhatikan takaran yang tepat. Sayangnya dosis jamu yang tepat untuk dikonsumsi belum diketahui secara pasti. Hal inijuga disebabkan karena kebiasaan setiap orang yang berbeda beda saat minum jamu. Selain itu, biasanya kemasan pada jamu tidak mencantumkan efek samping setelah mengonsumsinya. Sehingga pertanyaan mengenai bolehkan minum jamu setiap hari, tergantung dari komposisi jamu tersebut.

Jenis Jenis Bahan untuk Jamu dan Manfaatnya

Ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat jamu diantaranya kunyit, jahe dan kencur. Namun, kebanyakan jamu yang beradar dalam bentuk kemasan menggunakan bahan kunyit. Sebenarnya bahan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu jenis jamu yang cukup populer yaitu kunyit asam yang merupakan campuran dari kunyit dan asam. Bahan herbal ini diyakini dapat menyembuhkan radang yang kronis, sindrom metabolik dan nyeri.

Kunyit juga diyakini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, konsumsi bahan herbal yang satu ini bisa menyebabkan beberapa efek samping diantaranya sakit kepala, diare, hingga iritasi kulit. Selain kunyit, jahe juga menjadi salah satu bahan herbal yang dikenal dapat mengobati mual, hidung tersumbat, tekanan darah tinggi hingga migrain. Namun, penggunaan yang berlebihan juga bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

Bahan herbal selanjutnya yaitu kencur yang biasanya dikombinasikan dengan beras dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Kencur diketahui dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti infeksi, peradangan, kesuburan pria,hingga beberapa jenis kanker. Namun, konsumsi jamu ini juga perlu memperhatikan takaran yang tidak berlebihan agar tidak memiliki efek samping.

Selain beberapa bahan herbal di atas, bahan lain seperti temulawak, pahitan, cabe puyang hingga uyup-uyup juga kerap digunakan untuk jamu sebagai alternatif pengobatan. Namun, perlu diingat jika kondisi kesehatan tertentu, jamu tidak dapat menggantikan fungsi obat obatan yang diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, jawaban mengenai bolehkan minum jamu setiap hari, menyesuaikan dengan kondisi kesehatan anda.

Konsumsi jamu boleh dilakukan setiap hari, karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan efek kebugaran. Namun, perlu diingat bahwa pemakaiannya juga tidak boleh berlebihan khususnya jika menggunakan bahan yang mengandung zat asam sehingga berbahaya bagi organ pencernaan seperti lambung. Jika ingin menggunakan jamu untuk menyembuhkan penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ketahui 5 Efek Samping Antibiotik bagi Tubuh

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dimana penggunaanya biasanya disesuaikan dengan resep dokter. Beberapa infeksi yang bisa disembuhkan yaitu bronkitis, pneumonia, hingga infeksi saluran kemih. Selain dapat mengatasi beberapa masalah tersebut, penggunaan antibiotik juga memberikan masalah kesehatan. Berikut ini, efek samping antibiotik yang wajib diwaspadai. Akibat Penggunaan Antibiotik yang […]

Agar Tak Salah Pakai, Inilah Fungsi Masker Warna Hijau dan Putih

Masker merupakan penutup hidung yang biasanya digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Umumnya penggunaan masker yaitu warna hijau pada bagain luar, sedangkan warna putih di bagian dalam. Namun, akhir akhir ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan sebuah video yang memberitahukan bahwa penggunaan masker selama ini masih salah. Lalu benarkah ada perbedaan fungsi masker warna hijau dan putih? […]