Makin Rapi, Yuk Ketahui 5 Cara Menata Barang di Rumah Sempit

Masyarakat saat ini banyak yang menyukai rumah model minimalis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya renovasi dan terkesan lebih simple. Sayangnya kondisi ini akan menjadi masalah jika perabotan yang dimiliki cukup banyak. Lalu bagaimana agar rumah tidak terlihat sumpek dan tetap rapi? Berikut ini 5 cara menata barang di rumah sempit yang bisa kamu terapkan.

Tips Menata Barang di Rumah Kecil

1. Menyediakan Tempat Penyimpanan Barang
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur barang yaitu dengan menyediakan tempat penyimpanan khusus agar barang tersebut terlihat lebih rapi. Kamu bisa menyediakan laci maupun kabinet untuk menyimpan benda benda kecil. Dengan begitu, barang barang tersebut tidak akan berserakan kemana mana sehingga membuat ruangan semakin sumpek. Selain itu, adanya tempat penyimpanan ini akan memudahkanmu untuk menemukan barang tersebut.

2. Mengurangi Sekat Ruangan
Cara menata barang di rumah sempit juga bisa dilakukan dengan megurangi sekat ruangan. Mungkin adanya sekat untuk memisahkan ruangan akan membuat batasan semakin jelas. Namun, perlu diketahui bahwa dengan memberikan sekat kamu harus mengalokasikan ruangan sebagai sekat sehingga membuat ruangan terlihat semakin sempit. Maka dari itu, sebaiknya gunakan sekat ruangan yang hanya diperlukan saja, seperti kamar tidur.

Untuk beberapa ruangan seperti dapur dan ruang makan atau ruang tamu dan ruang keluarga, kamu tidak perlu memberikan sekat. Biarkan pandangan terlihat lebih luas. Agar pemisah kedua ruangan tampak lebih jelas, kamu bisa menggunakan pembatas yang sederhana, dengan membedakan warna lantai maupun keset. Kamu juga bisa menggabungkan dua ruangan yang memiliki fungsi yang serupa untuk meminimalisir penggunaan perabotan.

3. Memilih Warna Dinding yang Netral
Pemilihan warna dinding menjadi aspek penting yang harus dipertimbangkan saat mengatur ruangan. Kesalahan dalam memilih warna bisa menyebabkan ruangan terlihat semakin sempit. Maka dari itu, sebaiknya gunakan dinding dengan warna yang lebih natural dan netral seperti warna putih, hijau, biru maupun kuning. Sebaiknya hindari menggunakan warna warna yang gelap seperti hitam dan coklat. Sesuaikan warna dinding tersebut dengan furnitur yang di dalam ruangan.

4. Membersihkan Rumah Secara rutin
Jika peletakan barang sudah sesuai dan rapi, maka kamu juga perlu membersihkan rumah secara rutin. Membersihkan dengan menyapu dan mengepel saja tidak cukup, kamu juga perlu mengelap beberapa perabotan rumah agar bersih dari debu. Sediakan waktu khusus minimal seminggu sekali seperti pada saat hari libur. Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk bekerja membersihkan ruangan agar pekerjaan tidak terasa berat.

5. Memilih Perabotan yang Tepat
Agar ruangan semakin rapi, kamu juga bisa mengaturnya dengan memilih perabotan yang tepat. Misalnya memilih ukuran lemari yang sesuai dengan ruangan. Hindari menggunakan lemari berukuran kecil jika ternyata kamu membutuhkan dalam jumlah yang banyak. Pilihlah lemari dengan ukuran yang agak besar namun menyediakan beberapa ruang. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara menata barang di rumah sempit dengan memilih warna perabotan yang selaras.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar ruangan yang tidak besar terlihat lebih rapi. Hal yang paling penting yaitu dengan memilih perabotan yang sesuai dan menyesuaikan ruangan. Sebaiknya jangan memasukkan barang yangg tidak terlalu penting di dalam rumah agar tidak semakin sempit. Kamu bisa menyimpannya sementara di dalam gudang. Selain itu, pastikan juga bahwa ruangan di dalam rumah memiliki sirkulasi udara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Internet dan WFH

WFH sendiri tidak bisa dipisahkan dengan internet, karena pekerjaan yang awalnya dilakukan secara offline harus beralih menjadi online. Maka dari itu, anda perlu melakukan cara ngecek kuota agar mengetahui sisa kuota di perangkat, sehingga WFH bisa berjalan dengan baik. Selain itu, WFH juga biasanya memakan internet dalam jumlah yang cukup banyak, karena sebagian besar waktu […]

Yuk Intip Inspirasi Berkebun Di Lahan Sempit Dengan Vertical Garden

Berbicara mengenai perkebunan, yang terlintas di pikiran tentu saja berlokasi di sebuah lahan yang cukup yang luas dan berada di luar bagian ruamh. Padahal perkebunan tidak selalu berbicara mengenai lahan luas, karena lahan terbatas pun dapat disulap menjadi kebun kekinian yang siap memanjakan mata. Tertarik melakukannya ? Berikut beberapa inspirasi berkebun di lahan sempit dengan […]