Cara Tepat Menikmati Rasa Bir Agar Lebih Menyenangkan

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya setiap orang memang memiliki caranya sendiri saat ingin menikmati sebuah bir. Ada beberapa dari mereka yang lebih suka meminumnya dari kemasan kaleng atau langsung dari botolnya. Akan tetapi, yang paling penting adalah memilih jenis bir yang berkualitas seperti bir hitam Guinness. Kemudian, perhatikan pula beberapa cara tepat menikmati rasanya.

Cara Tepat Saat Ingin Menikmati Rasa Bir
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati rasa dari sebuah bir agar dapat terasa maksimal. Salah satu diantaranya adalah dengan memilih gelas yang biasa digunakan khusus untuk minum bir. Jangan sampai menggunakan gelas biasa karena bisa saja mengganggu rasa dari bir tersebut. di bawah ini beberapa cara lainnya yang perlu diperhatikan:
1. Pastikan gelas yang dipakai bersih
Cara pertama yang perlu Anda perhatikan saat ingin menikmati rasa bir agar lebih maksimal adalah dengan memastikan gelas yang digunakan adalah dalam keadaan bersih. Cara memperhatikannya adalah dengan merendam gelas tersebut ke dalam air bersih. Kemudian angkat dengan posisi yang terbalik.
Perhatikan dengan baik apakah gelas tersebut memiliki noda. Baik itu minyak, sabun, atau bekas lipstik. Umumnya, apabila gelas tersebut memiliki noda akan telihat pecah-pecah pada bagian pantulan bayangan air. Sementara itu, apabila gelas bersih maka pantulan gelas tentu akan jauh lebih sempurna.
2. Usahakan untuk tidak membuang busa bir
Perlu diketahui bahwa bir yang sempurna merupakan bir yang mempunyai busa tebal di permukaannya. Akan tetapi, keberadaan busa tersebut juga tidak terlalu tebal. Tidak heran jika sebuah bir dapat disajikan dengan cukup menawan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak membuang busa bir tersebut.
Akan tetapi, biarkan busa bir tersebut muncul di permukaan. Pasalnya, apabila Anda menghilangkannya bisa saja cita rasa bir yang diperoleh akan berbeda atau berkurang dari biasanya.
3. Minum bir dengan suhu yang sesuai
Tidak semua minuman bir dapat dinikmati pada suhu yang sama. Apabila bir tersebut Anda nikmati terlalu dingin ataupun terlalu panas, maka tentu saja rasanya akan jauh lebih tajam, tidak enak, atau bahkan bisa jadi hambar. Oleh karena itu, ada baiknya untuk meminumnya dengan suhu yang tepat dan sesuai.
Untuk mengetahui suhu yang sesuai ini sendiri dapat dilihat lewat saran yang sudah tersedia pada label kemasan bir. Jika tidak, maka pastikan Anda menanyakannya kepada bartender mengenai cara terbaik untuk menikmati bir tersebut sesuai dengan jenisnya.
4. Minum bir dengan makanan pendamping
Pada dasarnya minum bir tidak harus dilakukan seperti pada umumnya. Anda dapat menikmati minuman tersebut bersama dengan makanan agar memiliki dampak yang jauh lebih berbeda. Salah satunya adalah makanan laut panggan atau burger keju. Tentu saja cita rasa yang diperoleh dari makanan tersebut dapat mengubah kompisisi bir agar memunculkan rasa baru lainnya.
Tidak hanya bir saja, minuman lain juga dapat dinikmati dengan makanan. Salah satunya seperti anggur. Begitu pula dengan berbagai jenis bir lainnya juga direkomendasikan untuk menikmatinya dengan makanan yang paling Anda sukai.
5. Ubahlah presepsi Anda mengenai bir
Hal ini merupakan yang cukup penting. Saat menikmati bir, maka jangan biarkan pikiran memikirkan bahwa Anda tidak menyukai minuman tersebut. Pasalnya, hal tersebut hanya akan menyebabkan Anda tidak pernah menghargainya. Selain itu, berhenti juga untuk memandang bir dengan cara yang ekstrem.
Pastikan untuk memiliki cara pandang yang jauh lebih terbuka. Yakni dengan cara mulai belajar mengharga keunikan dari minuman tersebut. Pasalnya, setiap minuman tentu memiliki kelebihannya masing-masing.
Itulah beberapa cara tepat yang bisa Anda lakukan agar dapat menikmati bir dengan lebih menyenangkan. Salah satu jenis bir yang paling direkomendasikan untuk Anda nikmati adalah bir hitam Guinness. Bir yang satu ini sudah dikenal dan disukai banyak orang karena kualitasnya yang baik.