Apakah Covid 19 Ditanggung BPJS? Simak Teknis dan Prosedur Klaimnya

Apakah Covid 19 ditanggung BPJS? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang banyak muncul semenjak pandemi melanda. Besarnya biaya yang harus ditanggung jika pasien covid harus menjalani karantina dan pengobatan selama 14 hari menjadi salah satu hal yang memicu kekhawatiran masyarakat. Untuk lebih jelasnya simak teknis dan prosedurnya sebagai berikut.

Teknis Klaim BPJS Pasien Covid 19

Sebagai salah satu virus yang mewabah dan banyak menyerang masyarakat Indonesia, maka kementerian kesehatan mengumumkan bahwa Covid 19 menjadi salah satu penyakit yang dapat dibayarkan melalui BPJS. Dengan adanya BPJS maka harapannya masyarakat Indonesia tidak lagi terbebani dengan biaya pengobatan yang harus ditanggung akibat infeksi Covid 19. Kementerian kesehatan telah mengeluarkan Kepmenkes 238/2020 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Bagi RS yang Menyelenggarakan Pelayanan Covid-19. Kepmenkes ini menjadi panduan terkait dengan BPJS pasien Covid oleh karena itu masyarakat tidak perlu ragu apakah Covid 19 ditanggung BPJS atau tidak.

Di dalam kepmenkes tersebut telah dijelaskan bahwa tarif jaminan pasien yang rawat jalan menggunakan tarif INA CBG. Sedangkan tarif klaim pasien yang rawat inap dihitung dan ditentukan menggunakan rumus tarif INA CBG ditambah jumlah LOS (Length of Stay) pasien dikalikan biaya per hari. Sebenarnya biaya apa saja yang dibiayai BPJS? Komponen yang dibiayai oleh BPJS diantaranya adalah biaya administrasi, ruang rawat, jasa dokter, rawat jalan, ruang ICU, ruang gawat darurat, ruang isolasi, pemeriksaan lab, ambulance, APD, hingga pemulangan jenazah. Melihat banyaknya biaya yang di cover maka masyarakat dapat sedikit lebih lega karena nyatanya BPJS dapat membiayai pasien Covid 19.

Sejak kapan dan siapa saja pasien Covid 19 yang dapat klaim BPJS? Pasien yang dapat di klaim BPJS nya oleh pihak rumah sakit adalah pasien yang dirawat sejak 28 Januari 2020 hingga Covid 19 tidak memakan korban atau tidak adanya kasus baru. Pasien yang dijamin adalah seluruh penduduk Indonesia. Bagaimana dengan WNA, apakah Covid 19 ditanggung BPJS? Bagi seluruh WNA  yang melakukan pengobatan dan pemeriksaan di wilayah Indonesia semuanya juga ditanggung oleh BPJS. Pandemi yang satu ini memang telah menyebabkan penurunan perekonomian di seluruh dunia, namun Indonesia tetap berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang layak serta berkontribusi untuk menangani Covid 19.

Cara Klaim BPJS Kesehatan Pasien Covid 19

Setelah mengetahui bahwa Covid 19 ditanggung BPJS lalu bagaimana cara klaimnya? Klaim BPJS kesehatan akan diurus oleh rumah sakit yang menyediakan pelayanan dan perawatan bagi pasien Covid 19. Anda sebagai pasien hanya perlu menyiapkan segala berkas dan identitas diri. Untuk pengajuan klaimnya, nanti rumah sakit yang akan berhubungan dengan kemenkes. Bagaimana prosesnya? Rumah sakit yang menangani pasien Covid 19 akan mengajukan klaim pada Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan. Baru setelah itu klaim akan ditembuskan ke BPJS Kesehatan. Kemudian seluruh data akan dilakukan verifikasi dan barulah kemenkes dapat memberikan uang muka paling besar 50% dari setiap jumlah klaim yang diajukan.

Apakah hanya 50%? Tentu tidak. Nantinya biaya akan dibayarkan setelah BPJS kesehatan mengeluarkan Berita Acara Verifikasi kepada Kemenkes. Seluruh proses sudah diatur sedemikian rupa agar dapat terlaksana dengan cepat dan tepat, yang penting pasien Covid 19 telah memiliki dan menyiapkan segala dokumen berupa identitas diri yang lengkap.

Demikianlah penjelasan apakah Covid 19 ditanggung BPJS atau tidak. Uraian teknis klaim BPJS kesehatan untuk pasien Covid 19 serta cara dan prosedur klaimnya juga telah usai dibahas. Walaupun virus ini di tanggung oleh BPJS kesehatan namun anda tetap harus berupaya untuk menghindar dengan melakukan serta mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Penting! Berikut 5 Alasan Mempunyai Asuransi Kesehatan

Masih banyak sekali para masyarakat khususnya di Indonesia yang sangat tidak memperdulikan pentingnya sebuah asuransi kesehatan. Padahal, asuransi kesehatan tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan anda nantinya. Apabila anda belum memilikinya, maka anda harus tahu mengenai pentingnya hal tersebut. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus punya asuransi kesehatan. Berbagai Alasan Utama Mengapa Anda Harus Punya Asuransi […]

Mengupas Tuntas Apa Itu Insurance Policy dan Cara Pemilihannya

Meskipun istilah asuransi kini bukan lagi menjadi hal yang terdengar asing, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang belum memahaminya secara betul. Padahal asuransi memiliki manfaat yang begitu berlimpah demi melindungi dan menjamin kehidupan seseorang. Dimana di dalamnya terdapat beberapa bagian terutama insurance policy. Simak penjelasannya berikut. Apa Itu Insurance Policy? Tak sedikit orang mengetahui […]