Efektivitas Kulkas Dua Pintu

Benda elektronik apa yang bentuknya kotak, yang berpintu, dan menghasilkan dingin? Yap! Kulkas jawabannya. Siapa yang tidak tahu tentang kulkas? Sebagian besar orang bahkan sudah memiliki kulkas di rumahnya masing – masing. Karena kapasitas yang terbatas, beberapa orang bisa memiliki lebih dari satu kulkas.

Apa itu kulkas?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kulkas adalah lemari pendingin (tempat menyimpan makanan supaya tidak cepat busuk dan sebagainya. Kulkas memiliki variasi jumlah pintu. Ada yang memiliki satu pintu, ada pula yang memiliki dua pintu. Lalu, apa bedanya kulkas satu pintu dengan dua pintu? Berapa ukuran kulkas satu pintu dan ukuran kulkas 2 pintu?

Kulkas 1 pintu
Tentu saja yang membedakan kulkas 1 pintu dengan kulkas dua pintu yang paling mencolok adalah jumlah pintunya. Kulkas 1 pintu memiliki 1 pintu. Ukuran kulkas ini cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan kulkas 2 pintu dari merek yang sama. Kapasitas kulkas satu pintu tentu lebih sedikit daripada kulkas 2 pintu karena ukurannya yang relatif lebih kecil, hal ini dapat menyebabkan peletakkan makanan terpaksa bertumpuk – tumpuk. Namun, umumnya kulkas 1 pintu menghabiskan energi listrik lebih sedikit daripada kulkas dengan jumlah pintu yang lebih banyak dan ukuran yang lebih besar. Selain itu, tempat yang dibutuhkan untuk meletakkan kulkas 1 pintu biasanya tidak lebih luas daripada kulkas 2 pintu.

Kulkas 2 pintu
Bagi orang yang memiliki banyak bahan makanan yang harus disimpan agar tidak busuk, kulkas 2 pintu dirasa lebih efektif daripada kulkas 1 pintu. Mengapa? Tentu karena kulkas dengan 2 pintu ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada kulkas 1 pintu dari merek yang sama. Dengan begitu, kulkas 2 pintu menjadikan pemiliknya lebih leluasa dalam menyimpan bahan makanan di dalamnya.
Namun sayangnya dengan ukuran yang lebih besar ini muncul beberapa kekurangan pada kulkas 2 pintu ini. Kulkas 2 pintu cenderung membutuhkan tempat peletakkan yang lebih luas daripada kulkas 1 pintu. Selain itu, energi listrik yang diperlukan untuk pengoperasiannya biasanya lebih besar. Alhasil tagihan listrik dapat menjadi lebih tinggi. Namun, jika memang bahan makanan yang harus disimpan sangat banyak, kulkas 2 pintu lebih efektif untuk digunakan. Hal ini diperkuat dengan alasan ‘lebih baik daripada makanan menjadi busuk.

Ukuran kulkas 1 pintu
Karena ukuran kulkas berbeda – beda sesuai tipe dan mereknya, di sini akan digunakan merek kulkas Aqua sebagai perbandingan saja. Kulkas Aqua satu pintu memiliki berbagai ukuran yang bergantung pada tipenya. Salah satu ukuran kulkas Aqua adalah pada tipe AQR-D259(FS/FW) yaitu 525x585x1532 dalam satuan milimeter.

Ukuran kulkas 2 pintu
Sama seperti kulkas 1 pintu, ukuran kulkas ini berbeda – beda sesuai merek dan tipenya. Untuk melakukan perbandingan dengan kulkas 1 pintu di atas, ukuran kulkas 2 pintu yang menjadi acuan juga merek Aqua. Contoh ukuran kulkas merek Aqua adalah pada tipe AQR-485IG (BK) yaitu 721x691x1725 dalam satuan milimeter.
Jadi, kulkas 2 pintu dapat dijadikan alternatif pilihan apabila kulkas 1 pintu dirasa tidak mampu menampung bahan – bahan makanan yang jumlahnya banyak. Dengan ukuran yang lebih besar, bahan makanan yang lebih banyak dapat masuk dan disimpan di dalamnya. Pemilik tidak perlu khawatir bahan makanan tersebut akan rusak dan berkurang kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Toko Online Naikan Omset Jasa Kurir

Banyaknya toko online di market place, website maupun di media sosial turut memberikan dampak pada jasa pengiriman. Semakin banyaknya penjualan di toko online maka berbanding lurus pula dengan meningkatnya omset jasa kurir. Dari kurir itulah setiap orderan via online bisa sampai ke alamat pembeli dengan biaya kirim yang berbeda-beda. Salah satu jasa penyedia pengiriman paket […]

Ongkir Tidak Memberatkan Konsumen Online

Pengiriman atau mengirim suatu barang ke seseorang yang tinggal di kota lain bahkan yang tinggal di luar negeri sudah sangat mudah dilakukan. Dengan berkembangnya proses dan cara pengiriman yang semakin maju, membuat konsumen atau masyarakan menjadi mudah melakukan pengiriman dalam waktu singkat. Selain prosesnya yang cepat, biaya pengiriman yang dikenal dengan “ongkir” atau ongkos kirim […]