Yuk Intip Inspirasi Berkebun Di Lahan Sempit Dengan Vertical Garden

Berbicara mengenai perkebunan, yang terlintas di pikiran tentu saja berlokasi di sebuah lahan yang cukup yang luas dan berada di luar bagian ruamh. Padahal perkebunan tidak selalu berbicara mengenai lahan luas, karena lahan terbatas pun dapat disulap menjadi kebun kekinian yang siap memanjakan mata. Tertarik melakukannya ? Berikut beberapa inspirasi berkebun di lahan sempit dengan vertical garden.

Beberapa Ide Cemerlang Untuk Berkebun Di Sebuah Lahan Terbatas

1. Memanfaatkan Toples Sebagai Pot Tanaman
Daripada menumpuk toples atau membuangnya, manfaatkan saja beberapa toples untuk menjadi media tanam. Beberapa jenis tanaman yang sangat cocok ditanamkan di toples seperti rosemary, basil, ataupun oregano. Daripada diletakkan di luar bangunan, anda dapat meletakkannya di dinding dekat dapur sebagai alternatifnya. Dengan adanya tanaman, dijamin dapur menjadi lebih hidup sekaligus menyejukkan mata.

2. Penanaman Menggunakan Metode Hidroponik
Apakah memiliki pot atau pipa tidak digunakan? Kenapa tidak memanfaatkannya untuk membuat sebuah kebun cantik yang mengusung tema hidroponik. Pasalnya metode penanaman satu ini berfokus pada pemenuhan nutrisi tanamannya, meski tanpa menggunakan tanah. Bahkan bentuk wadahnya yang cukup ramping, dirasa cocok diletakkan di beberapa sudut hunian tanpa mengambil banyak tempat.

3. Gantikan Pot dengan Kantong Tanaman
Berkebun di lahan sempit dengan vertical garden kerap diterapkan pada hunian minimalis namun tertarik membuat sebuah kebun. Bagaimana tidak, anda tak perlu menyediakan tempat cukup luas untuk menanam aneka tanaman hias kesayangan. Cukup mengganti media tanamnya berupa beberapa kantong tanaman, dijamin hunian tampak lebih segar dan sedap dipandang. Bahkan semua kantong tersebut dapat dipasang dengan cara digantung.

4. Ubah Menjadi Pot Gantung
Kebun tak selalu berbicara mengenai tanaman yang berada di pekarangan, karena kini anda bisa menciptakan taman cantik meski di dalam rumah sekalipun. Daripada meletakkan pot tanaman di meja ataupun di lantai, kenapa tidak mencoba cara baru dengan membuat sebuah taman dengan mengantungkan pot tersebut. Sebagai syaratnya, pastikan bahwa tali penggantung dan media mengaitkan talinya cukup kuat untuk menahan beban dari pot beserta tanamannya.

Cara satu ini cukup unik dan menarik, pasalnya anda bisa memanfaatkan sebaik mungkin setiap dimensi ruangan hunian. Dengan menggantungkan pot, anda tak perlu lagi mengorbankan luas dimensi hunian demi menciptakan sebuah taman idaman. Hanya saja, peletakan pot gantung harus disesuaikan terlebih dahulu agar tidak membahayakan keselamatan ketika berjalan santai di sekitarnya.

5. Satu Pot Untuk Berbagai Jenis Tanaman
Pernahkan memikirkan jika satu pot besar dapat ditanami lebih dari satu jenis tanaman? Penanaman berbagai jenis tumbuhan dalam satu tempat memang terlihat unik dan menarik dilakukan, pasalnya anda tak perlu kerepotan membeli pot baru ketika hendak menanam tanaman baru. Daripada mengkoleksi pot lebih banyak, ubah style tersebut menjadi satu pot untuk bersama. Dengan begitu, tak perlu lagi kerepotan mencari tempat khusus meletakkan pot.

6. Membuat Kebun Pertingkat
Inspirasi berkebun di lahan sempit dengan vertical garden dapat diterapkan dengan membuat kebun bertingkat. Jika dilihat sekilas, cara satu ini mengingatkan anda dengan metode terasiring yang diterapkan di kawasan pegunungan. Dimana setiap tingkatannya dapat diisi dengan jenis tanaman berbeda untuk mempercantik tampilannya. Ketika menggunakan kebun bertingkat, anda pun tak perlu memangkas lahan yang ada untuk sebuah kebun impian.

Tempat sempit bukan menjadi penghalang berarti bagi mereka yang ingin menanamkan berbagai jenis tanaman kesayangan. Cukup dengan sedikit kreatifitas dan usaha, perkebunan milik anda sudah dapat menciptakan hunian yang nyaman dan terasa menyegarkan. Peletakkan potnya pun cukup memanfaatkan setiap dimensi pada sebuah hunian, sehingga penghuninya tak akan terganggu dengan semua tanaman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Makin Rapi, Yuk Ketahui 5 Cara Menata Barang di Rumah Sempit

Masyarakat saat ini banyak yang menyukai rumah model minimalis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya renovasi dan terkesan lebih simple. Sayangnya kondisi ini akan menjadi masalah jika perabotan yang dimiliki cukup banyak. Lalu bagaimana agar rumah tidak terlihat sumpek dan tetap rapi? Berikut ini 5 cara menata barang di […]

Internet dan WFH

WFH sendiri tidak bisa dipisahkan dengan internet, karena pekerjaan yang awalnya dilakukan secara offline harus beralih menjadi online. Maka dari itu, anda perlu melakukan cara ngecek kuota agar mengetahui sisa kuota di perangkat, sehingga WFH bisa berjalan dengan baik. Selain itu, WFH juga biasanya memakan internet dalam jumlah yang cukup banyak, karena sebagian besar waktu […]