Internet dan WFH

WFH sendiri tidak bisa dipisahkan dengan internet, karena pekerjaan yang awalnya dilakukan secara offline harus beralih menjadi online. Maka dari itu, anda perlu melakukan cara ngecek kuota agar mengetahui sisa kuota di perangkat, sehingga WFH bisa berjalan dengan baik. Selain itu, WFH juga biasanya memakan internet dalam jumlah yang cukup banyak, karena sebagian besar waktu anda dihabiskan dengan internet. Untuk mengatasinya, berikut cara yang bisa diterapkan.

Tips Agar Hemat Internet Saat Bekerja dari Rumah

1. Membatasi Jumlah Pemakaian Kuota Internet
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari pemborosan kuota saat WFH yaitu dengan mengatur jumlah pemakaian. Smartphone biasanya memiliki pengaturan untuk mengatur penggunaan internet pengguna. Dengan pengaturan ini, anda bisa menentukan batas penggunaan internet harian di smartphone. Tentu pemakaian internet menjadi lebih terkontrol sehingga anda terhindari dari kuota internet yang cepat habis selama bekerja dari rumah.

2. Menetapkan Prioritas Kebutuhan
Pemakaian internet yang terlalu banyak disebabkan karena anda menggunakan internet untuk berbagai macam hal mulai dari bekerja, sekolah maupun untuk mendapatkan hiburan. Maka tak heran jika kuota internet lebih cepat habis dibandingkan dengan biasanya. Untuk mencegah pemborosan kuota, maka anda perlu menentukan prioritas kebutuhan. Gunakan internet untuk keperluan yang sangat penting terlebih dahulu, sebagaimana contohnya untuk mengerjakan tugas kantor.

Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya batasi pemakaian telepon maupun video call melalui aplikasi chatting online karena menguras kuota yang lebih besar. Anda juga perlu membatasi sosial media dan streaming video terutama youtube. Jika hobi streaming video, anda bisa mengunduhnya di perangkat, agar bisa ditonton sewaktu waktu. Dengan menggunakan internet secara bijak, maka anda dapat mencegah biaya pemakaian internet yang terlalu boros.

3. Menonaktifkan Update dan Lokasi
Update dari aplikasi yang diinstal memang memudahkan pengguna mengetahui pemberitahuan untuk segera melakukan update. Sayangnya banyak pengguna smartphone yang belum menyadari jika ternyata update aplikasi secara otomatis tersebut dapat menguras kuota cukup banyak. Bayangkan jika aplikasi yang dipasang lebih banyak, tentu konsumsi kuota internet juga semakin boros meskipun anda tidak sering menggunakan internet untuk streaming video atau membuka sosmed.

Maka dari itu, anda perlu mematikan update aplikasi tersebut di Google Play maupun App Store. Anda juga perlu mematikan GPS sehingga perangkat tidak melakukan update lokasi menggunakan internet. Dengan mengontrol secara manual, maka anda bisa mengendalikan pemakaian internet pada smartphone. Bila perlu sebaiknya uninstal aplikasi online yang tidak penting. Selain menguras kuota internet, aplikasi tersebut juga memakan banyak ruang di smartphone.

4. Memilih Kartu Perdana secara Bijak
Selain dari penggunaan internet, menghemat kuota internet selama WFH juga bisa dilakukan dengan memilih kartu perdana internet yang tepat. Mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih provider yang memberikan penawaran dengan harga terjangkau. Namun, anda juga perlu memastikan jika jaringan internetnya cukup stabil, sehingga pekerjaan selama di rumah bisa terselesaikan dengan baik. Manfaatkan juga bonus internet yang diberikan oleh provider internet.

Dengan menerapkan tips di atas, maka anda tidak perlu khawatir lagi boros kuota internet selama bekerja dari rumah. Setiap provider internet biasanya memiliki kode yang berbeda beda untuk cara ngecek kuota. Biasanya cara ini bisa ditemukan saat pertama kali membeli perdana tersebut. Selain itu, cara mengetahui kuota internet juga bisa dilakukan melalui menu dial up yang disediakan oleh provider. Update tentang mengecek sisa kuota terkadang juga disampaikan melalui pesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Makin Rapi, Yuk Ketahui 5 Cara Menata Barang di Rumah Sempit

Masyarakat saat ini banyak yang menyukai rumah model minimalis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya renovasi dan terkesan lebih simple. Sayangnya kondisi ini akan menjadi masalah jika perabotan yang dimiliki cukup banyak. Lalu bagaimana agar rumah tidak terlihat sumpek dan tetap rapi? Berikut ini 5 cara menata barang di […]

Yuk Intip Inspirasi Berkebun Di Lahan Sempit Dengan Vertical Garden

Berbicara mengenai perkebunan, yang terlintas di pikiran tentu saja berlokasi di sebuah lahan yang cukup yang luas dan berada di luar bagian ruamh. Padahal perkebunan tidak selalu berbicara mengenai lahan luas, karena lahan terbatas pun dapat disulap menjadi kebun kekinian yang siap memanjakan mata. Tertarik melakukannya ? Berikut beberapa inspirasi berkebun di lahan sempit dengan […]