Kena Sembelit Setelah Diare, Kenali Alasannya

Penyakit diare dapat menyerang siapa saja dan dari segala jenis usia. Ketika mengalami gejala ini, sebaiknya anda tidak boleh menyepelekannya karena jika dibiarkan tanpa diobati maka penyakit satu ini justru akan berlangsung lebih lama dan dapat menyebabkan komplikasi. Namun setelah mengonsumsi obat, ternyata anda justru kena sembelit setelah diare. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Simak ulasannya berikut ini.

Alasan Mengapa Anda Terkena Sembelit Sehabis Diare

1. Flu Perut
Gastroentitis atau yang biasa disebut dengan flu perut merupakan infeksi sementara yang dapat terjadi pada saluran pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peradangan jaringan di dalam usus sehingga dapat menimbulkan efek diare di dalam tubuh. Ketika anda mengalaminya, pada perut akan terjadi pembengkakan dan tidak mampu menyerap air dengan mudah.

Untuk itu, ketika terjadi hal ini anda akan mengalami infeksi pada usus sehingga usus membuang lebih banyak kotoran dan menimbulkan diare. Tetapi jika tidak diobati dengan benar, anda bisa pula kena sembelit setelah diare. Hal ini disebabkan akibat otot yang telah kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Untuk itu kotoran atau limbah di dalam tubuh tidak dapat dibuang dengan baik.

2. Hamil
Jika anda sedang hamil, mengalami sembelit dan diare adalah merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan vitamin parental yang anda konsumsi akan menyebabkan perubahan pada pergerakan usus. Hal inilah yang dapat menyebabkan anda diare dan juga sembelit. Perubahan pada hormon juga berpengaruh pada kecepatan serta pergerakan usus. Tekanan usus dari janin menyebabkan usus melebar dan menyempit sehingga anda akan mudah terkena sembelit.

3. Sebagai Efek Samping Dari Obat Diare
Ketika mengalami penyakit diare, anda biasanya akan mengonsusmi obat anti diare untuk meringankan penyakit tersebut. Obat-obatan itu ternyata mengandung zat seperti attapulgite, pectin dan juga loperamide. Obat-obatan yang mengandung kandungan tersebut tentu saja memeiliki efek samping yakni berupa sembelit. Untuk itu anda tak perlu heran jika kena sembelit setelah diare, namun hal ini juga akan mereda ketika anda berhenti untuk mengkonsumsi obat tersebut.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)
Gangguan saluran pencernaan yang telah terjadi secara menahun ini biasanya akan menyerang usus besar. IBS merupakan ganggunan sistem pencernaan kronis yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Jika anda mengalami penyakit ini, maka anda akan mengalami diare dan sembelit ataupun kram perut dan selalu merasa lelah. Untuk itu anda perlu memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh agar tidak memicu timbulnya penyakit ini.

5. Inflammatory Bowel Disease (IBD)
Studi yang dilakukan pada 2010 menyebutkan bahwa jaringan pada usus penderita penyakit ini tidak mampu memproses natrium dan cairan dengan baik. Hal ini berakibat jaringan pada usus tidak mampu untuk menyerap asam empedu dengan maksimal. Untuk itu anda akan lebih mudah untuk terkena diare. Gejala ini akan memperlambat transit tinja di usus besar sehingga menjadi penyebab anda kena sembelit setelah diare karena tinja telah menumpuk dengan banyak.

Jika anda mengalami hal ini, maka terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menghentikan untuk mengkonsumsi obat anti diare ketika diare telah berhenti. Serta anda juga harus memperbanyak untuk minum air putih dan meningkatkan aktifitas fisik anda. Dengan banyak bergerak, tentu saja anda akan lebih mudah untuk menstimulasi kerja usus. Dan juga anda tidak boleh terlalu sering untuk menunda buang air besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Yuk Cari Tahu Penyebab Asam Urat Pada Lansia

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena suatu senyawa kimia yang dibentuk oleh tubuh akibat pemecahan purin. Purin sendiri adalah suatu substansi yang ada pada DNA dan RNA tubuh manusia. Sehingga purin dapat diperoleh dari makanan dan juga terdapat di dalam tubuh manusia. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab penyakit satu ini, akan tetapi […]

Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Kenali Penyebab Gangguan Kecemasan Sejak Dini

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab gangguan kecemasan hanya terjadi karena kondisi dan situasi yang mengerikan saja. Akan tetapi, kecemasan dapat pula terjadi akibat kejadian yang selama ini anda jalani sehari-hari. Mulai dari hal sederhana yang biasa anda lakukan, serta beberapa aktifitas yang mampu memicu datangnya gangguan kecemasan. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga pada suasana […]