Ketahui Syarat Melahirkan Normal dengan BPJS 2020

BPJS kesehatan merupakan asuransi yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, beredar berita bahwa BPJS tidak bisa digunakan untuk menanggung biaya melahirkan secara normal di rumah sakit. Padahal biaya untuk persalinan terhitung lumayan tinggi. Lalu bagaimana prosedur BPJS kesehatan untuk biaya persalinan. Yuk simak persiapan yang perlu dilakakukan jika melahirkan normal dengan BPJS 2020.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi jika Menggunakan BPJS untuk Melahirkan

1. Menggunjungi Fasilitas Kesehatan yang Sesuai
Jika anda ingin melahirkan secara normal dengan memanfaatkan BPJS yang dimiliki, maka menjelang persalinan anda harus mengunjungi faskes 1 baik itu klinik, praktek dokter, maupun puskesmas yang sudah tercantum di kartu peserta BPJS. Namun, jika ternyata fasilitas di tempat tersebut tidak memadai maka anda akan mendapatkan surat rujukan dari faskes 1 untuk megunjungi faskes 2 yang sudah melakukan kerjasama dengan pihak BPJS kesehatan.

2. Prosedur Mendapatkan Surat Rujukan
Mungkin beberapa dari peserta BPJS kesehatan langsung meminta surat rujukan untuk memilih tempat persalinan di rumah sakit. Namun, perlu diketahui bahwa pengajuan surat rujukan hanya diperbolehkan dalam kondisi yang darurat saja, seperti jika fasilitas kesehatan di tempat tersebut tidak mendukung untuk persalinan anda ,sehingga mengharuskan untuk mengunjungi rumah sakit. Jadi surat rujukan tersebut bisa diterima pasien tanpa melakukan pengajuan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa surat rujukan tersebut hanya berlaku untuk jangka waktu satu bulan dengan penggunaan dibatasi yaitu tiga kali pemeriksaan. Jadi selama faskes 1 masih bisa digunakan dan mendukung untuk persalinan anda, maka anda tidak bisa melahirkan di faskes 2. Dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh fasker 2 tersebut, maka pasien tidak perlu lagi membayar biaya persalinan jika mengikuti prosedur dan ketentuan yang telah berlaku.

3. Persyaratan Dokumen yang Harus Dipenuhi
Untuk dapat melahirkan normal dengan BPJS 2020, maka anda harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan dengan lengkap. Beberapa diantaranya yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk) beserta fotokopi sebagai identitas ibu hamil dan kartu BPJS asli beserta fotokopi. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan Kartu Keluarga asli dan foto kopi, dan surat rujukan dari faskes 1 dan buku kesehatan ibu dan bayi.

4. Ketentuan Melahirkan di Rumah Sakit
Proses persalinan dengan menggunakan bantuan BPJS kesehatan baru bisa dilakukan jika memang dalam kondisi yang benar benar darurat. Namun, jika tetap ingin ke rumah sakit, maka peserta harus ke faskes 1 untuk mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu. Selanjutnya, setelah mendapatkan surat rujukan maka pasien dapat menuju ke ruangan melahirkan dengan bantuan petugas rumah sakit agar segera mungkin mendapatkan penanganan dari dokter.

5. Pendaftaran Bayi
Setelah melahirkan normal dengan BPJS 2020, pasien juga perlu mendaftarkan bayi secepatnya. Pasien diberi waktu 3 X 24 jam untuk melakukan pendaftaran bayi yang baru dilahirkan agar menjadi peserta BPJS kesehatan. Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan saat mendaftar diantaranya surat keterangan lahir bayi, kartu BPJS orangtua, dan Kartu Keluarga (KK). Pemilihan kelas pada pendaftaran bayi akan menyesuaikan dengan kelas orang tua.

Itulah beberapa prosedur yang prlu diketahui bagi peserta BPJS yang ingin melahirkan normal dengan menggunakan BPJS kesehatan. Jadi ketika pasien langsung menuju rumah sakit saat persalinan dengan menggunakan BPJS pastinya akan ditolak. Selain itu, apabila masa berlaku surat rujukan sudah habis, maka peserta harus mengurusnya kembali jika masih ingin mendapatkan pelayanan dengan BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Yuk Simak Jenis Asuransi Melahirkan Tanpa Masa Tunggu

Biaya persalinan saat ini tergolong cukup tinggi, apalagi jika persalinan cukup bermasalah sehingga mengharuskan operasi. Hal inilah yang akhirnya mendorong ibu yang sedang hamil untuk mendaftar ke asuransi melahirkan. Sayangnya sebagian besar asuransi tersebut menetapkan waktu tunggu setidaknya 9 bulan, sehingga anda tidak bisa mendapatkan manfaat secara langsung. Berikut ini rekomendasi asuransi melahirkan tanpa masa […]

Pengertian Asuransi Syariah Dan Konvensional Yang Harus Anda Tahu

Semakin menjamurnya perusahaan yang bergerak di bidang asuransi semakin banyak pula produk asuransi yang ditawarkan. Setiap produk yang ditawarkan tentunya memiliki keunggulan pada produk yang dikeluarkan. Sebagai calon penguna ada baiknya untuk mengetahui pengertian asuransi syariah dan konvensional. Tidak hanya pengertian namun juga perbedaan antara kedua produk asuransi ini. Berikut ulasannya. Memahami Perbedaan Asuransi Syariah […]