Biar Makin Berkah, Yuk Mengenal Lebih Dekat Asuransi Syariah

Dunia asuransi kini juga mengalami perkembangan yang signifikan dengan berbagai produk asuransi yang ditawarkan. Salah satu produk asuransi yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini adalah asuransi syariah. Produk asuransi ini tidak hanya menawarkan keuntungan yang lebih murah namun juga membuat anda lebih berkah. Kesempatan untuk ibadah semakin terbuka lebar. Yuk mengenal lebih dekat produk asuransi ini melalui ulasan berikut.

Mengenali dan Memahami Asuransi Dengan Konsep Syariah

1. Pengertian Asuransi Berbasis Syariah

Asuransi berbasis syariah adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk saling melindungi dan juga tolong menolong antar anggota yang tergabung dalam kelompok tersebut. Usaha ini bisa dilakukan dengan investasi dalam jangka waktu tertentu yang biasanya dalam bentuk aset. Apabila nantinya terjadi resiko tertentu pengembalian terhadap peserta asuransi diberikan berdasarkan akad yang telah disepakati dan juga sesuai dengan hukum Islam.

2. Perbedaan Dengan Asuransi Konvensional

Asuransi berbasis syariah mengunakan istilah fee atau ujroh yang berarti imbalan jasa yang diberikan kepada pengelola apabila terjadi resiko yang dilakukan oleh perusaaan. Yang berarti pada saat seseorang bergabung dengan asuransi ini, uang yang telah disetorkan menjadi milik tetap peserta atau tabaru. Dana ini bisa diambil kapanpun apabila peserta mengajukan. Sehingga tidak langsung masuk laporan laba rugi perusahaan asuransi syariah.

Premi yang dibayarkan dalam asuransi berbasis syariah jumlah besarnya dalam 1 periode lebih besar daripada klaim. Sehingga ada kemungkinan peserta bisa mendapatkan dana yang jumlahnya lebih besar dari klaim yang telah diajukan. Hal ini dikarenakan asuransi berbasis syariah bersifat surplus dan terdapat pemikiran investasi. Kemudian terdapat juga bagi hasil investasi karena dana tetap menjadi milik paten peserta.

3. Prinsip Operasional Perusahaan Asuransi Berbasis Syariah

Semua perusahaan asuransi tentu tidak didirikan secara sembarangan. Ada badan audit di dalamnya dan juga telah tercantum dalam OJK. Dalam asuransi berbasis syariah ada namanya istilah takaful yang berarti kewajiban untuk saling menanggung antara anggota kelompok. Akad perusahaan asuransi syariah juga tolong menolong bukan akad jual beli seperti asuransi konvensional yang salah satunya menawarkan jasa.

Perusahaan dalam hal ini bersifat sebagai pengelola atau perantara saja karena dana yang masuk merupakan dana milik peserta. Sehingga anggota kelompok akan saling membantu dan melindungi diri maupun keluarga dari kemalangan. Apabila peserta lain mengalami kemalangan atau tertimba musibah maka dana didapatkan dari dana bersama yang telah dikumpulkan. Sementara pada asuransi konvensional melakukan pemindahan tanggung jawab dari pihak penanggung pada pihak tertanggung.

Sementara dalam konsep asuransi berbasis syariah peserta asuransi juga sebagai penanggung. Dana yang telah disetorkan sebagai takaful atau dana bersama tidak masuk sebagai laba perusahaan dan menjadi kontribusi yang diberikan peserta asuransi. Jumlah kontribusi ini disesuaikan dengan tingkat resiko yang akan ditanggung. Selain itu setiap peserta juga harus menyisihkan dana tabaru yang nantinya akan digunakan membantu peserta yang lain.

Meskipun telah melakukan pembayaran peserta asuransi tetap berhak untuk dapatkan dana lebih atau surplus. Dan apabila terjadi kekurangan dana maka semua peserta juga wajib menanggungnya. Perusahaan asuransi syariah juga diwajibkan untuk meminjamkan sejumlah modal untuk menutup kekurangan. Jumlah pinjaman ini ditentukan sesuai dengan modal awal yang dimiliki perusahaan. Semakin besar maka akan memberi pengaruh pada dana takaful.

Pada dasarnya asuransi berbasis syariah merupakan salah satu asuransi yang membuat pesertanya bisa saling membantu. Semua resiko di masa mendatang ditanggung bersama dan sesuai dengan syariat Islam. Tidak ada riba dan membuat pesertanya bisa terus berzakat atau beramal. Meski demikian ada baiknya untuk mempelajari semuanya sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sudah Punya Asuransi Hari Tua

Pernahkan Anda memperhatikan minat masyarakat akan asuransi? Jika Anda memperhatikannya dengan baik, minat masyarakat terhadap produk asuransi terbilang masih rendah. Penyebab rendahnya kesadaran masyarakat akan asuransi adalah kurangnya kelengkapan informasi akan lembaga yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat di hari tua. Asuransi sekarang ini dianggap sebagai produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kelas atas dimana […]

Yuk Simak Jenis Asuransi Melahirkan Tanpa Masa Tunggu

Biaya persalinan saat ini tergolong cukup tinggi, apalagi jika persalinan cukup bermasalah sehingga mengharuskan operasi. Hal inilah yang akhirnya mendorong ibu yang sedang hamil untuk mendaftar ke asuransi melahirkan. Sayangnya sebagian besar asuransi tersebut menetapkan waktu tunggu setidaknya 9 bulan, sehingga anda tidak bisa mendapatkan manfaat secara langsung. Berikut ini rekomendasi asuransi melahirkan tanpa masa […]