Mengenal Macam-Macam Neuropati

Neuropati adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan pada saraf. Gejala gangguan tersebut dapat muncul di bagain tubuh mana saja dan dapat menyerang siapa saja. Gejala gangguan saraf tersebut dapat muncul akibat penyatik sepert diabetes yang diderita dalam jangka waktu lama, bisa juga karena efek samping dari kecelakaan, atau karena bawaan dari lahir. Neuropati muncul dengan gejala kesemutan, kebas atau mati rasa, hingga rasa terbakar yang muncul pada daerah kesemutan tersebut. Rasa bakar yang muncul biasanya memiliki tingkatan, dimana apabila rasa terbakar tersebuut sudah sangat parah maka harus segera mendapat perawatan medis. Bahkan saat gejala neuropati tersebut muncul, harus segera ditangani dengan oleh ahli medis, karena jika tidak segera ditangani atau di rawat dengan benar maka anda bisa kehilangan kontrol bagian yang terkena gejala gangguan tersebut. Pengobatan yang diberikan juga berbeda tergantung dengan jenis neuropati yang diderita. Jenis neuropati ditentukan setelah hasil pemeriksaan medis terhadap gejala gangguan yang muncul dan setelahnya akan ditentukan jenis gangguan neuropati apa yang diderita. Setelahnya bisa ditentukan jenis pengobatan dan obat apa yang bisa dikonsumsi oleh penderita.

Jenis neuropati sangat beragam dan penangan yang diberikan juga berbeda sesuai dengan gejala yang muncul. Jenis gangguan neuropati tersebut antara lain mononeuropati, neuropati motorik, neuropati sensorik, dan neuropati otonomik. Mononeuropati merupakan gejala gangguan yang muncul pada salah satu saraf. Gangguan tersebut muncul akibat cedera fisik atau trauma karena kecelakaan. Gangguan ini merupakan gangguan yang umum muncul setelah seseorang mengalami kecelakaan. Mononeuropati muncul ditandai dengan gejala nyeri pada bagian yang pernah mengalami cedera, kesemutan, hingga mati rasa. Rasa nyeri yang muncul bisa diobati dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri namun hanya sementara saja dan penderita akan merasakan kembali. Jika cedera tersebut parah, dan rasa nyeri yang ditimbulkan sudah tidak bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri maka akan dilakukan pengobatan khusus dengan memberikan injeksi pada bagian yang sakit.

Selain mononeuropati, gangguan lainnya adalah neuropati motorik, neuropati sensorik, dan neuropati otonomik. Neuropati motorik merupakan gangguan yang menyerang pada saraf motorik atau saraf yang mengendalikan pergerakan. Gejala gangguan tersebut ditandain dengan munculnya kedutan pada bagian tubuh tertentu. Setelahnya rasa kedutan tersebut akan berubah menjadi kram atau lemah otot dimana bisa menyebabkan kelumpuhan sementara pada alat gerak. Sedangkan neuropati sensorik merupakan gangguan yang menyerang saraf bagian indra peraba. Gejala gangguan tersebut muncul dengan ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tertentu dan rasa panas atau rasa terbakar yang sangat mengganggu. Gejala neuropati sensorik juga dapat menyebabkan rasa kesemutan bahkan mati rasa dan hilangnya kemampuan untuk merasakan. Jika tidak disegera diobati maka akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada koordinasi gerak tubuh.

Saat ini banyak sekali bacaan mengenai gangguan saraf atau neuropati yang bisa menambah pengetahuan anda. Gangguan tersebut sangat umum dan dapat menyerang siapa saja, oleh karena itu akan lebih baik jika anda membuka beragam website atau situs yang menyediakan bacaan mengenai hal tersebut. Salah satunya adalah website Neurobion yang banyak menyajikan informasi mengenai neuropati dan pengobatan menggunakan neurobion. Situs website Neurobion merupakan situs yang membahas mengenai pengobatan menggunakan neurobion yang merupakan suplemen vitamin B kompleks berserat tinggi. Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk menghindari gangguan neuropati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Yuk Kenali Impetigo, Infeksi Kulit Pada Anak

Infeksi kulit pada anak atau yang bisa dikenal dengan impetigo adalah suatu penyakit kulit menular, yang biasanya terjadi pada bayi, balita dan anak-anak. Infeksi kulit ini biasanya menyerang tubuh pada bagian kaki, tangan dan wajah serta ditandai dengan munculnya bercak merah dan lepuhan pada kulit. Untuk mengetahui gejala dan cara pengobatannya, berikut ini akan diulas […]

Yuk Intip Cara Mengatasi Trauma Dari Survivor Kanker

Apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata kanker? Penyakit paling mengerikan? Penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Atau penyakit yang akan menguras kantong untuk biaya pengobatan? Beragam opini negatif inilah yang menghantui siapapun yang terdiagnosa kanker. Yuk belajar cara mengatasi trauma dari para survivor kanker di Indonesia. Pengobatan kanker memang telah banyak diupayakan. Mulai dari […]