Mengupas Tuntas Apa Itu Insurance Policy dan Cara Pemilihannya

Meskipun istilah asuransi kini bukan lagi menjadi hal yang terdengar asing, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang belum memahaminya secara betul. Padahal asuransi memiliki manfaat yang begitu berlimpah demi melindungi dan menjamin kehidupan seseorang. Dimana di dalamnya terdapat beberapa bagian terutama insurance policy. Simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Insurance Policy?

Tak sedikit orang mengetahui jika asuransi atau insurance memiliki banyak sekali istilah yang berbeda dari biasanya. Karena hal inilah, membuat pemahaman yang salah dan menimbulkan asumsi yang kurang tepat pula. Untuk itu sebelum menggunakan layanan satu ini di perusahaan terkait, alangkah baiknya bila anda memahami dengan benar berbagai macam istilah yang digunakan.

Salah satu istilah yang acap kali didengar di dalam asuransi yakni insurance policy. Menurut sebagian besar orang jika polis asuransi merupakan sejumlah dana yang nantinya dibayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulannya atau premi. Sebetulnya, anggapan yang semacam ini tidak sepenuhnya benar karena beberapa ahli menyampaikan pengertian yang berbeda satu sama lain.

Insurance policy adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh salah satu perusahaan asuransi sebagai penanggung dengan nasabah pengguna layanan sebagai tertanggung. Sementara isi dari bukti perjanjian tertulis tersebut tidak lain menjelaskan mengenai segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut.

Nantinya bukti perjanjian ini akan menjadi dokumen sah yang dilakukan oleh pihak penanggung dan pihak tertanggung. Keberadaan insurance policy pun membuat kedua belah pihak akan terikat dan memiliki tanggung jawab masing masing sebagaimana yang telah disepakati semenjak awal. Tak heran jika bukti ini menjadi hal terpenting dalam layanan asuransi.

Cara Memilih Insurance Policy yang Tepat

Setiap perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan berbagai jenis produknya, yang mana dilakukan hanya untuk satu tujuan yaitu mendapatkan jumlah nasabah dan keuntungan yang lebih besar. Banyaknya jenis asuransi yang ditawarkan tersebut, membuat anda harus bisa memilih produk manakah yang sesuai dengan kebutuhan dan pahami manfaat yang diberikan.

Hindari untuk tidak membeli asuransi yang perlindungannya sama sekali tidak dibutuhkan. Hal ini karena akan membuang buang uang yang anda miliki. Sebelum memilihnya, anda pun harus membaca insurance policy dengan jeli agar tidak salah memutuskan. Dimana di dalamnya terdapat kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi tertentu.

Bila hal semacam ini tidak anda dilakukan, dikhawatirkan kelak muncul suatu permasalahan yang tidak diinginkan. Bahkan terkadang terjadi kasus persengketaan akibat pemahaman insurance policy yang salah dari pengguna layanannya. Jika anda tidak bisa memahami setiap detailnya, cobalah meminta bantuan dari pihak ketiga yang biasanya dilakukan oleh broker asuransi.

Broker asuransi nantinya akan menjelaskan serta membantu calon nasabah untuk memilih produk asuransi manakah yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tentunya hal ini akan menguntungkan, karena anda tidak akan membuang uang secara percuma. Bukan hanya itu saja, dikala anda menggunakan dua layanan kesehatan sekaligus, upayakan untuk gunakan yang bisa double claim.

Maksudnya yakni asuransi pribadi yang dimiliki bisa diklaim hanya dengan menggunakan fotokopi kwitansi yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Perkara ini akan memberikan manfaat yang maksimal atas penggunaan asuransinya. Sementara jika anda menggunakan asuransi untuk satu anggota keluarga, maka usahakan gunakan polis asuransi secara bersamaan.

Kehadiran asuransi di tengah tengah masyarakat memang menjadi jalan keluar paling tepat. Karena bisa menjamin keamanan serta kenyamanan seseorang dalam menjalani kehidupannya, baik itu secara individu maupun bersamaan dengan anggota keluarga. Namun ada kalanya, anda harus bisa memahami insurance policy dengan baik agar tidak salah putuskan untuk memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Apakah Covid 19 Ditanggung BPJS? Simak Teknis dan Prosedur Klaimnya

Apakah Covid 19 ditanggung BPJS? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang banyak muncul semenjak pandemi melanda. Besarnya biaya yang harus ditanggung jika pasien covid harus menjalani karantina dan pengobatan selama 14 hari menjadi salah satu hal yang memicu kekhawatiran masyarakat. Untuk lebih jelasnya simak teknis dan prosedurnya sebagai berikut. Teknis Klaim BPJS Pasien Covid 19 […]

Penting! Berikut 5 Alasan Mempunyai Asuransi Kesehatan

Masih banyak sekali para masyarakat khususnya di Indonesia yang sangat tidak memperdulikan pentingnya sebuah asuransi kesehatan. Padahal, asuransi kesehatan tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan anda nantinya. Apabila anda belum memilikinya, maka anda harus tahu mengenai pentingnya hal tersebut. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus punya asuransi kesehatan. Berbagai Alasan Utama Mengapa Anda Harus Punya Asuransi […]