Periksa Dulu, Yuk Simak Alasan Klaim Asuransi Ditolak

Ribet dan sulitnya mengurus klain asuransi sering kali menjadi alasan yang membuat banyak orang enggan untuk memiliki asuransi. Bahkan para pemegang polis juga menjadi momok tersendiri. Kesulitan klaim ini bisa di alami oleh semua asuransi, entah asuransi jiwa ataupun asuransi yang lainnya. Namun ditolaknya klaim bukan tanpa alasan, karena semuanya sudah ada dalam kesepakakatan. Nah, yuk simak alasan klaim asuransi ditolak dalam ulasan berikut.

Alasan Ditolaknya Klaim Asuransi Yang Harus Anda Tahu

1. Klaim Tidak Tercakup Dalam Klausul
Polis asuransi berisi kesepakatan yang kriteria apa saja yang masuk dan tidak masuk ke dalam tanggungan asuransi. Misalnya dalam asuransi mobil TLO, yang dimaksudkan rusak berat berbeda antara satu asuransi dengan asuransi lainnya. Bisa jadi minimalnya 75% atau bahkan 80% sesuai dengan prosentase yang disepakati. Dengan begitu asuransi bisa menanggung pembiayaan kerusakan. Maka sangat penting untuk melihat dengan detail polis asuransi.

2. Dokumen Klaim Tidak Lengkap
Setiap asuransi tentu saja memiliki syarat dokumen apa saja yang harus dilengkapi. Salah satu alasan klaim asuransi ditolak adalah tidak lengkapnya berkas yang anda miliki. Apabila satu saja tidak anda penuhi maka sangat wajar jika klaim yang anda ajukan tertolak. Sebaiknya anda mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh pihak asuransi. Untuk asuransi kesehatan yang tidak boleh ketinggalan adalah resep dokternya.

3. Melebihi Waktu Yang Ditentukan
Klaim asuransi dapat tertolak apabila pengajuan klaim melebihi dari waktu yang telah ditentukan dan disepakati di dalam polis. Setiap asuransi memiliki batas waktu yang berbeda untuk mengajukan klaim asuransi. Untuk asuransi mobil biasanya memiliki waktu pengajuan yang lebih pendek sehingga harus segera diklaimkan yaitu 3 x 24 jam. Asuransi jiwa atau asuransi kesehatan memiliki waktu hingga 30 sampai 60 hari.

4. Sedang Berada Dalam Masa Tunggu
Beberapa produk asuransi memiliki kebijakan adanya masa tunggu. Dalam masa tunggu peserta asuransi tidak dapat mengajukan klaim. Biasanya untuk sakit kristis masa tunggu sekitar 30 hingga 365 hari. Sehingga lebih baik untuk mengecek status polis anda, karena meskipun sakit kritis tetap saja klaim asuransi ditolak apabila belum melewati masa tunggu. Setelah masa tunggu berakhir baru pihak asuransi akan memproses klaim yang diajukan.

5. Memiliki Penyakit Bawaan Sebelum Membeli Polis
Saat membeli polis asuransi ada baiknya untuk selalu jujur tentang apa yang diderita. Karena klaim asuransi bisa ditolak apabila menyembunyikan penyakit yang diderita. Meskipun masa tunggu telah terlewati, berkas juga sudah lengkap namun apabila ditemukan penyakit sudah diidap sebelum membeli polis maka tetap saja akan ditolak. Jadi pastikan membeli polis saat keadaan sehat dan tidak menyembunyikan apapun.

6. Klaim Yang Diajukan Termasuk Pengecualian
Polis asuransi tidak hanya berisi hak dan kewajiban, namun juga hal-hal yang masuk dalam pengecualian. Dalam asuransi jiwa misalnya, klaim tidak akan bisa dicairkan apabila tertanggung meninggal karna bunuh diri atau hukuman pengadilan. Pengecualian ini harus diperhatikan dengan jelas, karena tidak memahami polis asuransi secara detail akan membuat klaim asuransi ditolak dan membuat dana tanggungan tidak bisa cair.

Banyak alasan yang membuat klaim yang diajukan tertolak. Sebelum banyak berspekulasi ada baiknya untuk mencermati, memahami dan mempelajari isi polis dengan detail. Karena jika anda mengabaikan hal ini anda bisa membuat kesalahan sendiri yang tentunya merugikan. Memang untuk memahami polis asuransi dibutuhkan waktu, namun akan lebih baik daripada tidak mengerti dan merugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Yuk Simak Jenis Asuransi Melahirkan Tanpa Masa Tunggu

Biaya persalinan saat ini tergolong cukup tinggi, apalagi jika persalinan cukup bermasalah sehingga mengharuskan operasi. Hal inilah yang akhirnya mendorong ibu yang sedang hamil untuk mendaftar ke asuransi melahirkan. Sayangnya sebagian besar asuransi tersebut menetapkan waktu tunggu setidaknya 9 bulan, sehingga anda tidak bisa mendapatkan manfaat secara langsung. Berikut ini rekomendasi asuransi melahirkan tanpa masa […]

Ketahui Syarat Melahirkan Normal dengan BPJS 2020

BPJS kesehatan merupakan asuransi yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, beredar berita bahwa BPJS tidak bisa digunakan untuk menanggung biaya melahirkan secara normal di rumah sakit. Padahal biaya untuk persalinan terhitung lumayan tinggi. Lalu bagaimana prosedur BPJS kesehatan untuk biaya persalinan. Yuk simak persiapan yang perlu dilakakukan jika […]