Mengintip Pola Makan Sehat Saat Pandemi Untuk Menjaga Imunitas

Masa pandemi mengharuskan kita untuk lebih menjaga kesehatan, hal ini merupakan dampak positif yang kita rasakan. Setiap orang lebih perhatian akan kebersihan dan pola hidup yang sehat. Begitu pula dengan makanan, hal yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Berikut ini akan diulas pola makan sehat saat pandemi yang wajib anda lakukan.

Konsumsi Makan yang Sehat Selama Pandemi

1. Jangan Lupakan Sarapan
Mengendalikan gula darah pada pagi hari sebelum beraktivitas sangat penting untuk menyokong energi seharian. Kadar gula darah yang cukup sangat membantu anda untuk semangat beraktivitas sepanjang hari. Makanlah menu sarapan yang sehat dengan mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi seperti oatmeal, sereal, buah, sayur, nasi dan nasi merah.

2. Biasakan Minum Air Putih
Siapa yang terbiasa minum minuman dengan perisa? Minuman yang memiliki rasa manis dan segar memang sangat menggoda untuk diminum pada saat siang hari. Namun meminum minuman seperti ini harus dibatasi dan memperbanyak minum air putih. Kebutuhan mineral orang dewasa yang normal adalah sekitar 1,5 hingga 2 liter per harinya.

3. Perhatikan Waktu Makan
Mengatur jam makan sangat penting untuk menjaga pola makan sehat saat pandemi. Kekuatan tubuh manusia terbatas, jangan remehkan perut yang sudah lapar meskipun masih banyak pekerjaan yang belum selesai. Waktu ideal untuk makan yang harus anda taati adalah pukul 7 pagi untuk sarapan, pukul 12 siang untuk makan siang, dan pukul 7 malam untuk sarapan.

4. Perbanyak Buah dan Sayur
Sayuran hijau sangat baik untuk tubuh, sehingga harus menjadi makanan wajib yang memenuhi meja makan anda setiap harinya. Buah dan sayuran memiliki banyak sekali serat yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kadarnya dalam tubuh anda harus berada pada posisi yang cukup. Selain itu, buah dan sayur juga dapat mengenyangkan dan membuat kulit anda halus dan sehat.

5. Proses Makanan yang Sehat
Untuk menjaga kesehatan anda, perhatikan pola makan sehat saat pandemi dengan memilih proses pembuatan makanan yang anda konsumsi. Hindari makanan yang digoreng dengan suhu panas dan minyak atau lemak berlebih. Lemak dan kalori yang terdapat pada makanan seperti itu dapat membahayakan badan anda. Pilihlah makanan yang direbus dan dikukus sebagai gantinya.

6. Kurangi Minum Kopi
Kopi memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, namun konsumsi kopi yang berlebihan juga berdampak buruk bagi tubuh. Kadar kopi yang berlebih dalam tubuh dapat membuat anda dehidrasi dan meningkatkan tugas hati dalam pembentukan urine. Disarankan untuk anda pecinta kopi agar minum kopi tidak lebih dari 400 mg per harinya.

7. Hindari Makanan Cepat Saji
Pola makan sehat saat pandemi selanjutnya adalah mengurangi makanan olahan yang cepat saji. Ahli gizi Cheryl Forberg menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak baik. Hindari makanan cepat saji yang mengandung banyak pengawet dan pewarna agar lebih sehat.

Demikian beberapa poin yang dapat anda lakukan untuk menghindari virus korona pada masa pandemi ini. Kabarkan juga kepada kerabat dan keluarga anda untuk tetap menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat. Jangan lupa ikuti protokol kesehatan agar jumlah korban terus menurun. Hindari kerumunan dan tetap berolahraga agar tubuh tetap bugar meski berkegiatan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

5 Hal Penting Yang Dilakukan Sebelum Touring

Persiapan touring motor sangat perlu diperhatikan agar kita terhindar dari marabahaya. Keselamatan kita selama di jalan raya menjadi hal utama yang harus diprioritaskan dan tidak dapat kita abaikan begitu saja. Mengaja keselamatan adalah prioritas kita yang nomor satu. Touring motor merupakan perjalanan jarak jauh yang dilakukan dengn berkendara motor. Kita tak boleh asal-asal jika hendak […]

Makin Rapi, Yuk Ketahui 5 Cara Menata Barang di Rumah Sempit

Masyarakat saat ini banyak yang menyukai rumah model minimalis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya renovasi dan terkesan lebih simple. Sayangnya kondisi ini akan menjadi masalah jika perabotan yang dimiliki cukup banyak. Lalu bagaimana agar rumah tidak terlihat sumpek dan tetap rapi? Berikut ini 5 cara menata barang di […]