Ragam Produk Asuransi Jiwa

Kata asuransi sudah bukan merupakan kosa kata yang asing bagi banyak kalangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘Asuransi’ memiliki arti pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat). Ada berbagai jenis asuransi yang umum di kalangan masyarakat. Misalnya asuransi jiwa yang mana asuransi ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis asuransi jiwa.

Jenis – jenis asuransi
Ada banyak jenis asuransi yang umumnya dikenal di masyarakat. Asuransi – asuransi ini dibedakan berdasarkan objek asuransinya. Beberapa di antara asuransi tersebut adalah:
1. Asuransi jiwa
Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberi keuntungan finansial bagi tertanggung atas kematiannya.
2. Asuransi kesehatan
Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang paling dikenal oleh masyarakat. Asuransi kesehatan menanggung biaya perawatan tertanggung yang mengalami masalah kesehatan karena suatu penyakit. Umumnya, jenis sakit yang ditanggung oleh pihak asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian akibat kecelakaan.
3. Asuransi kendaraan
Asuransi jenis ini umumnya berfokus pada tanggungan cedera kepada orang lain atau pada kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan oleh tertanggung.
4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti
Rumah dan properti merupakan aset yang berharga. Maka dari itu, beberapa pemiliknya melindunginya dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberi perlindungan pada barang tertanggung jika mengalami kerusakan atau kehilangan.
5. Asuransi pendidikan
Sesuai namanya, asuransi jenis ini merupakan salah satu solusi untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada hal pendidikan anak dari tertanggung. Asuransi ini begitu populer keberadaannya.

Asuransi Jiwa
Karena keberadaanya yang cukup populer di kalangan masyarakat, maka di sini akan dibahas lebih terperinci mengenai asuransi jiwa. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, asuransi jiwa adalah asuransi yang menanggung kerugian finansial seseorang akibat meninggalnya seseorang atau hidupnya terlalu lama. Apa maksudnya? Contoh kerugian finansial akibat meninggalnya seseorang yang ditanggung asuransi adalah saat seorang bapak yang memiliki jaminan untuk anaknya meninggal dunia, maka anak tersebut tidak akan kesulitan dengan adanya uang asuransi. Lalu contoh penanggungan oleh asuransi karena hidup seseorang terlalu lama adalah saat seseorang yang memiliki asuransi umurnya telah terlalu ta untuk menafkahi dirinya atau anaknya, maka hidupnya akan terbantu oleh asuransi tersebut.

Jenis asuransi jiwa
Asuransi jiwa yang disediakan tidak hanya satu macam, ada beberapa macam pilihan yang dapat dipilih, di antaranya adalah:
1. Asuransi jiwa berjangka (Term life insurance)
Sesuai namanya, asuransi jenis ini memberi perlindungan kepada tertanggung hanya dalam jangka waktu tertentu. Premi yang ditawarkan pihak asuransi nilainya tetap dan relatif murah.
2. Asuransi jiwa seumur hidup (Whole life insurance)
Asuransi jiwa jenis ini memberikan perlindungan terhadap penggunanya dalam jangka waktu seumur hidup. Namun, beberapa asuransi memberi batasan perlindungan pada usia 100 tahun.
3. Asuransi jiwa dwiguna (Endowment insurance)
Seperti namanya, asuransi jiwa dwiguna memiliki dua manfaat. Kedua manfaat bagi tertanggung adalah sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus sebagai tabungan.
4. Asuransi jiwa unit link
Asuransi jiwa unit link merupakan asuransi yang sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi sekaligus investasi. Asuransi jenis ini cocok bagi orang yang ingin berinvestasi tetapi tidak mengerti tentangnya sekaligus ingin memiliki perlindungan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sudah Punya Asuransi Hari Tua

Pernahkan Anda memperhatikan minat masyarakat akan asuransi? Jika Anda memperhatikannya dengan baik, minat masyarakat terhadap produk asuransi terbilang masih rendah. Penyebab rendahnya kesadaran masyarakat akan asuransi adalah kurangnya kelengkapan informasi akan lembaga yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat di hari tua. Asuransi sekarang ini dianggap sebagai produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kelas atas dimana […]

Yuk Simak Jenis Asuransi Melahirkan Tanpa Masa Tunggu

Biaya persalinan saat ini tergolong cukup tinggi, apalagi jika persalinan cukup bermasalah sehingga mengharuskan operasi. Hal inilah yang akhirnya mendorong ibu yang sedang hamil untuk mendaftar ke asuransi melahirkan. Sayangnya sebagian besar asuransi tersebut menetapkan waktu tunggu setidaknya 9 bulan, sehingga anda tidak bisa mendapatkan manfaat secara langsung. Berikut ini rekomendasi asuransi melahirkan tanpa masa […]