Sajian Ayam Goreng Kuning Empuk

Ayam goreng bisa diolah menjadi berbagai masakan, salah satunya ayam goreng kuning. Masakan ini memiliki cita rasa yang sangat enak, apalagi jika bisa memasaknya dengan empuk. Umumnya ayam goreng kuning ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk memasaknya. Namun, perkiraan waktu ini berlaku jika memasak dalam jumlah yang banyak.

Ingin memasak ayam goreng kuning yang empuk, tetapi tidak tahu resep dan cara memasaknya? Tak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai bahan, tips mengolah ayam serta cara memasak ayam goreng kuning empuk. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu ayam goreng kuning empuk sangatlah mudah didapatkan di pasar. Adapun berikut ini bahan-bahannya:

  • Ayam 1 ekor
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air sebanyak 400 ml atau bisa lebih
  • Serai bagian putihnya 2 batang

Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagaimana berikut ini:

  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 5 butir yang sudah di sangrai.
  • Kunyit sebesar 4 cm yang sudah dibakar
  • Bawang merah 4 siung.
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh.
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Lengkuas sebesar 4 cm
  • Jahe 4 cm
  • Garam 1 sendok makan.

Tips Mempersiapkan Ayam
Sebelum ayam di olah, ada beberapa tips untuk mempersiapkannya. Hal ini bertujuan agar daging ayam bisa lebih empuk. Adapun berikut ini tips-tips mempersiapkan ayam yang harus diketahui:

  1. Setelah dibersihkan dari bulu-bulunya, cuci ayam hingga bersih menggunakan air mengalir. Pilih bagian daging yang layak untuk dikonsumsi dan buah beberapa bagian yang mengandung banyak kotoran. Setelahnya baru potong ayam menjadi beberapa bagian agar lebih cepat empuk ketika di rebus. Ukuran potongan ayam ini bisa disesuaikan dengan selera.
  2. Bagian yang cocok di olah menjadi ayam kuning yaitu dada, paha atas, paha bawah, dan sayap. Sehingga, pisahkan bagian ceker dan kepala. Meski begitu, bagian ini juga bisa digunakan. Sebenarnya tergantung selera.
  3. Setelah di potong, disarankan untuk membersihkan ayam yang telah dipotong. Hal ini bertujuan agar ayam bersih sebelum dikonsumsi. Cuci ayah menggunakan air yang mengalir agar kotoran tidak mengendap.
  4. Nah, tips terakhir agar ayam memiliki rasa yang enak yaitu dengar menambahkan garam dan jeruk nipis. Agar bisa meresap dan rata, aduk dan diamkan beberapa menit.

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning
Setelah ayam siap untuk di olah, kini campurkan ayam dengab serai, daun salam dan bumbu ayam goreng kuning yang sudah dihaluskan. Masukkan semua bahan tersebut pada wajan berukuran besar. Setelahnya masak hingga kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap pada ayam. Untuk mengetahui bumbu yang sudah merasa ditandai dengan berkurangnya air.

Langkah selanjutnya tambahkan air sedikit demi sedikit. Sesekali perlu di aduk agar bumbu meresap. Setelah daging ayam empuk, barulah angkat dan masukkan ke wadah lain.

Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu goreng ayam hingga berwarna kecoklatan yang menandakan matang. Setelahnya tiriskan dan letakkan pada wadah.

Agar lebih nikmat lagi, hidangkan dalam keadaan hangat dan lengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti sambal dan sayuran lalapan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat olahan ayam goreng kuning? Tentu saja, apalagi bahan-bahannya mudah sekali dibeli di pasar. Dengan bumbu yang sederhana, ayam goreng kuning ini bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Anda Menggunakan Rokok Elektrik? Yuk Ketahui Kadar Nikotin Yang Baik dan Benar Disini

Pada umumnya rokok elektrik seperti Relx Infinity Device mengandung liquid yang terdapat nikotin. Biasanya kadar nikotin dalam cairan tersebut tertera dalam satuan miligram per milimeter dan terdapat pada kemasan produk tersebut. Adapun untuk liquid rokok elektrik biasanya menawarkan berbagai tingkat kadar nikotin, mulai dari 0 hingga dengan 36 mg oleh karena harus diketahui kadar umumnya. […]

Tips Membuat Modem Wifi Telkomsel Makin Kencang

Telkomsel merupakan salah satu provider penyedia layanan komunikasi yang juga menyediakan akses data internet kepada para pengguna mereka. Sebagai perusahaan plat merah alias milik negara, Telkomsel cukup membuat bangga karena menjadi provider yang paling diunggulkan dalam soal luas area cakupan. Itulah mengapa banyak sekali orang, terutama di daerah yang sulit mendapat sinyal jaringan dari provider […]