Sebelum Klaim, Pelajari Cara Klaim Asuransi Jiwa

Asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan memang lebih populer dibandingkan dengan asuransi jiwa. Apalagi di Indonesia pemilik asuransi jiwa juga masih minim dibandingkan produk asuransi yang lainnya. Asuransi kesehatan maupun asuransi yang lainnya untuk mengajukan klaim cukup mudah, dan dari pihak yang bersangkutan akan membantunya. Namun apakah anda sudah tahu cara klaim asuransi jiwa diakibatkan meninggal dunia? Simak ulasannya.

Mengenal Sekilas Asuransi Jiwa Itu Sendiri

Penting untuk mengetahui jika asuransi jiwa bukanlah sebuah asuransi yang dibutuhkan oleh semua orang. Karena hanya orang yang memiliki penghasilan tinggi, dimana jika seorang itu pergi untuk selamanya akan mendatangkan imbas untuk yang ditinggalkan. Tidak hanya meninggal dunia, kecelakaan yang mengakibatkan cacat total juga menjadi kerugian yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Perlu diingat tanggungan ini untuk keluarga atau ahli waris.

Klaim asuransi jiwa biasanya dilakukan oleh ahli waris yang didalamnya bisa anak, istri atau anggota keluarganya yang masuk dalam tanggungan tertanggung. Perlu untuk digaris bawahi bahwa asuransi jiwa ini memiliki benefit untuk semua tanggungan yang telah didaftarkan oleh tertanggung. Sehingga ketika tertanggung meninggal dunia, pihakĀ  tanggungan mendapatkan uang penanggungan dengan cara klaim asuransi jiwa.

Langkah Klaim Asuransi Apabila Tertanggung Meninggal Dunia

Setiap peserta asuransi berhak untuk menerima klaim asuransi yang merupakan kewajiban perusahaan asuransi. Karena klaim asuransi merupakanĀ  manfaat dari memiliki suatu asuransi. Sebenarnya untuk klaim asuransi tidaklah susah, asalkan pihak pengklaim mengetahui dengan jelas syarat yang harus dipenuhi. Apalagi kini banyak pihak asuransi yang memberikan kemudahan proses klaim asuransi jiwa.

Prosedur yang harus dilakukan untuk melakukan klaim asuransi jiwa yang pertama adalah menginformasikan pada pihak perusahaan asuransi jika pihak tertanggung telah meninggal dunia. Dokumen surat kematian yang dikeluarkan resmi harus dilampirkan. Surat kematian harus berisikan data lengkap penyebab kematian hingga kapan dan dimana tertanggung meninggal. Pihak asuransi biasanya akan menanyakan hal-hal yang ada kaitan dengan tertanggung.

Setelah laporan diterima cara klaim asuransi jiwa dilanjutkan dengan mengisi formulir klaim asuransi jiwa. Pihak asuransi bisa mengirimkannya secara langsung ke alamat anda. Setelah diisi anda juga harus melampirkan beberapa dokumen lengkap seperti polis dan endorsement asli, salinan hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Tak lupa salinan KTP atau identitas lainnya penerima dana tanggungan, surat keterangan meninggal dari rumah sakit.

Apabila semua berkas sudah dilengkapi, maka pihak perusahaan asuransi akan segera memproses klaim yang diajukan. Dalam proses ini pihak asuransi juga akan mengecek apakah polis masih aktif atau sudah tidak aktif. Memverifikasi semua berkas dan bukti seputar kematian tertanggung dan juga syarat serta pengecualian pengajuan klaim juga akan dicek. Oleh sebab itu proses ini membutuhkan waktu karena harus melalui beberapa proses.

Setelah itu jika klaim asuransi jiwa dinyatakan sah dan benar maka perusahaan asuransi akan melakukan penghitungan kewajiban yang harus dibayarkan pada penerima dana tanggungan. Jika semua sudah berjalan lancar, langkah terakhir adalah pembayaran klaim asuransi jiwa. Dalam hal ini anda juga harus memberikan informasi seputar nomer rekening bank anda. Cara klaim asuransi jiwa tidaklah susah, namun membutuhkan waktu yang panjang.

Sebelum melakukan klaim asuransi jiwa alangkah baiknya jika pihak yang akan mengajukan klaim mengerti dengan jelas prosedur dan persyaratannya. Tidak hanya itu, pihak yang mengajukan juga harus mengetahui beberapa hal yang membuat klaim ditolak sehingga bisa menghindarinya. Pahami dan tanyakan hal yang masih belum dimengerti agar tidak membuat proses pengajuan semakin lama nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

5 Tips Mudah Memilih Premi Asuransi Sesuai Kebutuhan

Saat ini masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan asuransi. Beberapa orang yang sudah melek asuransi sebagai salah satu antisipasi untuk menghadapi masa mendatang yang tak pernah bisa ditebak. Yang menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi adalah besaran premi. Premi sendiri merupakan sejumlah dana yang dibayarkan peserta kepada perusahaan asuransi untuk menghadapi resiko. Nah berikut simak […]

Biar Makin Berkah, Yuk Mengenal Lebih Dekat Asuransi Syariah

Dunia asuransi kini juga mengalami perkembangan yang signifikan dengan berbagai produk asuransi yang ditawarkan. Salah satu produk asuransi yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini adalah asuransi syariah. Produk asuransi ini tidak hanya menawarkan keuntungan yang lebih murah namun juga membuat anda lebih berkah. Kesempatan untuk ibadah semakin terbuka lebar. Yuk mengenal lebih dekat produk […]