Apakah Benar Sembuh Dari Covid Bisa Kena Lagi? Berikut Ulasannya

Beredar berita di masyarakat bahwa pasien yang telah sembuh dari virus corona dapat terinfeksi lagi. Hal ini membuat beberapa orang takut dan sangat waspada terhadap pasien yang pernah terjangkit virus corona ini. Untuk mengetahui kebenaran orang yang sembuh dari covid bisa kena lagi atau tidak, simak ulasan berikut agar anda lebih menjaga kesehatan.

Kemungkinan Terjangkit Virus Kembali

Virus corona memang membuat dunia gempar dengan kecepatan penyebarannya, banyak sekali masyarakat yang takut hingga panik menghadapi masa pandemi ini. Menurut dr. Arina Heidyana dari Klik Dokter, beliau menjelaskan bahwa pasien yang pernah dinyatakan sembuh dari virus corona dapat tertular kembali jika berada di lingkungan bervirus.

Tidak hanya virus corona, segala jenis virus yang menginfeksi tubuh manusia bisa berulang kali menginfeksi jika orang tersebut tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, pasien yang telah dinyatakan sembuh juga dapat terinfeksi kembali jika terlalu dekat dengan orang yang masih terinfeksi, langsung beraktifitas berat dan terlalu memforsir diri.

Orang yang terjangkit virus corona dapat sembuh karena daya tahan tubuhnya yang kuat, namun obat-obatan yang diberikan untuk menangkal virus seringkali memiliki efek samping pasien terkena gagal jantung. Meskipun begitu, belum ada pernyataan yang membuktikan bahwa terjangkit virus corona untuk kedua kalinya akan berakibat fatal dan berbahaya.

Dokter Amesh Adalia yang fokus pada penyakit infeksi dari Johns Hopkins University Center for Health Security menyatakan bahwa pasien yang sembuh dari covid bisa kena lagi sangat jarang terjadi dan tidak menjadi perhatian pada beberapa bulan pertama pasca infeksi. Namun masih perlu waktu untuk mempelajari kondisi tubuh pasien yang pernah terjangkit.

Pengecekan keberadaan virus corona pada pasien biasanya dilakukan dengan melakukan tes virus dalam tubuh. Pelaksanaan tes ini harus dilakukan secara berkali-kali untuk memastikan tidak adanya virus dalam tubuh pasien. Jika pasien hanya dites sekali saja dan hasilnya negatif, belum tentu hasil tes kedua dan ketiganya mengeluarkan hasil yang negatif pula.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Pasien yang telah melakukan masa isolasi tentu merasakan ketidaknyamanan karena harus mengasingkan diri. Namun ketika hasil test covid negatif, anda harus tetap memperhatikan pola hidup sehat dan kebersihan untuk menghindari sembuh dari covid bisa kena lagi dalam waktu yang dekat. Hindari berada di kamar atau ruangan tertutup dalam waktu yang lama.

Satuan tugas Covid-19 Rumah Sakit UNS yaitu dr Tonang Dwi Ardyanto yang merupakan ahli patologi klinis menyatakan bahwa orang yang pernah terinfeksi covid dan telah sembuh, masih bisa menularkan kepada orang lain. Ia mengatakan bahwa virus yang masuk dan belum bisa dibersihkan itu memiliki potensi untuk menularkan kepada orang lain.

Maka bagi anda yang telah terinfeksi covid, tetap menjaga kesehatan dan menjaga jarak dari kerumunan. Jangan pernah keluar rumah tanpa masker dan harus tetap rajin mencuci tangan. Hindari berkumpul dengan orang banyak dalam kerumunan dalam waktu yang lama sehingga mengurangi potensi sembuh dari covid bisa kena lagi dan harus isolasi lagi.

Demikian beberapa hal yang dapat anda perhatikan untuk menghentikan kekhawatiran anda akan pengulangan penyakit yang dialami pasien covid. Tetap jaga kesehatan dan mengutamakan kebersihan tubuh agar terhindar dari segala jenis virus. Bagi anda yang telah sembuh dari covid juga bisa lebih berhati-hati lagi untuk tetap berada dalam kondisi yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Lindungi Diri di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini kita masih berada di tengah pandemi yang belum usai juga. Hal ni mengakibatkan yimbulkan beberapa masalah yang menimbulakn dampak yang besar bagikehiduoan manusia seperti masalah perekonomian yang belum stabil. Tentu saja hal ini sangat merugikan manusia. Pandemi yang terjadi akibat penyebaran corona virus yang kian banyak menginfeksi masyrakat. Corona virus adalah virus yang […]

Lakukan 4 Cara Sederhana Untuk Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Melihat perkembangan kasus virus Covid-19 yang semakin meningkat, tentunya ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Jika penasaran, anda bisa menyimak 4 cara menjaga imunitas tubuh untuk anda beserta keluarga tersayang. 4 Cara Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Sehat dan Terhindar Dari Penyakit 1. Memperbanyak Makan Buah Serta […]