Sudah Tahu Kriteria Penting Tentukan Premi Asuransi Kesehatan?

Besaran jumlah iuran asuransi kerap kali menjadi salah satu pertimbangan anda dalam memilih asuransi kesehatan. Besaran premi ini akan berpengaruh pada manfaat yang diberikan sehingga memang harus dipertimbangkan. Nah sebelum memilih produk asuransi kesehatan, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang menjadi kriteria premi asuransi kesehatan. Lebih jelasnya sebaiknya simak ulasan berikut.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Premi Asuransi

1. Profesi Kerja

Untuk menghitung besaran premi yang harus diperhatikan adalah jenis pekerjaan anda. Hal ini dikarenakan jenis pekerjaan yang anda lakoni berpengaruh pada besaran pendapatan yang anda dapatkan setiap harinya. Bisa diambil contoh pada asuransi pemerintah pada PNS berbeda dengan premi yang harus dibayarkan oleh seorang pedagang. Sementara itu premi asuransi swasta umumnya lebih mahal dibandingkan asuransi kesehatan milik pemerintah.

Sehingga sebelum anda menentukan premi, ada baiknya untuk menentukan jumlah berdasarkan pendapatan anda terlebih dahulu. Karena tidak baik jika memaksakan mengambil premi besar namun tidak sesuai dengan kondisi keuangan anda. Perlu untuk diingat jika asuransi kesehatan memiliki jangka bertahun tahun. Sehingga anda harus membayar premi asuransi kesehatan setiap bulan secara tepat waktu.

2. Menyesuaikan Dengan Jenis Kelamin dan Usia

Jika asuransi kesehatan milik pemerintah tidak memandang usia karena ditentukan sesuai dengan kelas. Berbeda dengan asuransi kesehatan milik swasta yang menetapkan usia sebagai salah satu kriteria untuk menentukan besaran premi. Dimana semakin tua usianya maka jumlah premi yang harus dibayarkan juga semakin mahal. Karena lansia memiliki resiko yang lebih tinggi terserang penyakit dibandingkan dengan anak-anak.

Apalagi jika saat masih muda tidak menjaga pola hidup yang sehat, maka resiko terserang penyakit berat juga lebih tinggi pada usia tua. Tidak hanya usia, besaran premi juga bisa ditentukan oleh jenis kelamin. Pasalnya laki-laki dan perempuan memiliki jenis penyakit yang tidak sama. Misalnya seperti kanker rahim yang tidak akan menyerang laki-laki, begitu juga sebaliknya. Itulah yang membuat usia dan jenis kelamin pengaruhi premi asuransi kesehatan.

3. Memperhatikan Riwayat Penyakit

Pada asuransi kesehatan, jenis penyakit yang anda miliki akan menentukan jumlah premi yang harus dikeluarkan. Semakin parah penyakit yang diidap maka semakin mahal iuran asuransi kesehatan yang harus anda bayarkan. Anda juga harus memperhatikan, jika ada beberapa penyakit yang tidak masuk tanggungan asuransi swasta. Penyakit yang tidak ditanggung misalnya penyakit bawaan, HIV/ AIDS dan juga penyakit wabah dan lain sebagainya.

4. Mempertimbangkan Tanggungan Keluarga dan Biaya Hidup

Besaran premi yang dikeluarkan juga dipengaruhi oleh jumlah tanggungan keluarga. Iuran premi perorangan tentunya berbeda dengan premi yang dikeluarkan untuk asuransi keluarga. Sehingga sangat penting bagi anda mengetahui jumlah tanggungan dan biaya hidup sehari hari. Cara yang paling mudah untuk menghitung premi adalah dengan menghitung jumlah anggota keluarga yang hidup serumah dan biaya kebutuhan harian.

Jika menghitungnya dengan benar maka anda bisa menyisihkan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar premi.  Biaya tersebut tentunya tidak menganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Cara menghitung ini tidak hanya untuk mengetahui premi asuransi kesehatan namun juga sebagai cara untuk mencegah over bugdet dana bulanan anda.

Setiap produk asuransi memiliki perbedaan dan kriteria sendiri untuk menentukan besaran premi setiap bulannya. Dengan mengetahui premi setiap bulan anda bisa dengan mudah memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga harus memahami dengan baik hak dan kewajiban anda ketika sudah memilih produk asuransi kesehatan yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Apakah Covid 19 Ditanggung BPJS? Simak Teknis dan Prosedur Klaimnya

Apakah Covid 19 ditanggung BPJS? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang banyak muncul semenjak pandemi melanda. Besarnya biaya yang harus ditanggung jika pasien covid harus menjalani karantina dan pengobatan selama 14 hari menjadi salah satu hal yang memicu kekhawatiran masyarakat. Untuk lebih jelasnya simak teknis dan prosedurnya sebagai berikut. Teknis Klaim BPJS Pasien Covid 19 […]

Penting! Berikut 5 Alasan Mempunyai Asuransi Kesehatan

Masih banyak sekali para masyarakat khususnya di Indonesia yang sangat tidak memperdulikan pentingnya sebuah asuransi kesehatan. Padahal, asuransi kesehatan tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan anda nantinya. Apabila anda belum memilikinya, maka anda harus tahu mengenai pentingnya hal tersebut. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus punya asuransi kesehatan. Berbagai Alasan Utama Mengapa Anda Harus Punya Asuransi […]