Tertarik Menjadi Vegan? Intip Pola Makan Vegetarian Yang Sehat

Seorang vegan merupakan kondisi dimana seseorang tidak mengkonsumsi olahan daging pada pola makannya. Ada berbagai banyak faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menjadi vegetarian, diantaranya adalah faktor kesehatan. Namun sebelum memutuskan menjadi seorang vegan, anda perlu memahami pola makan vegetarian yang sehat agar anda juga tidak kekurangan protein dan gizi yang berasal dari hewan. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Pola Makan Yang Sehat Untuk Vegetarian

1. Membuat Rencana Makan

Sebelum menjadi seorang vegetarian, ada baiknya anda untuk berkonsultasi hal ini kepada ahli gizi. Hal tersebut bertujuan agar anda dapat mengetahui makanan apa saja yang dapat dianjurkan dengan tepat dan juga cara yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anda. terutama bagi anda yang sedang hamil atau lanjut usia, jika anda ingin menerapkan hidup vegan maka hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli gizi.

Setelah itu, barulah anda bisa merencanakan pola makan vegetarian berdasarkan anjuran dan saran dari ahli gizi. Biasanya anda akan tetap disarankan untuk mengonsumsi protein, karbohidrat dan lemak secara seimbang. Hal ini bertujuan agar anda tetap mendapatkan gizi yang seimbang. Anda juga bisa mengeyangkan diri dengan memakan sayuran, kacang-kacangan dalam porsi yang besar agar anda merasa kenyang karena orang yang vegan akan cenderung mudah lapar.

2. Dengan Menjalankan Pola Makan Yang Seimbang

Sebagai seseorang yang menerapkan pola makanan vegan, tentunya anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Seperti halnya asupan vitamin B12 yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Vitamin ini dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi oatmeal, susu kedelai atau suplemen yang mengandung vitamin B12

Selain itu, untuk menerapkan pola makan vegetarian anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan serta sirkulasi oksigen yang dibutuhkan yang banyak terkandung dari daging merah dan ikan. Untuk anda yang vegan, dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi buah-buahan kering, sayuran berdaun hijau, biji-bijian dan polong-polongan agar kebutuhan nutrisi akan zat besi anda tetap terpenuhi.

3. Dengan Menyediakan Cemilan Yang Sehat

Sebagai seorang yang akan menjadi vegetarian, anda nantinya akan cenderung suka mengunyah karena sering lapar daripada orang yang mengonsumsi daging. Untuk itu anda harus menyediakan cemilan yang sehat agar tidak kelaparan. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi cracker, kue beras dan kacang atau ubi jalar panggang. Atau anda juga bisa untuk mengkonsumsi cokelat hitam dan selai kacang untuk membuat anda kenyang.

4. Mempelajari Cara Memasak Vegan

Cara berikut juga bisa anda coba agar pola makan vegetarian anda tercukupi. Hal ini disebabkan karena ketika anda mulai menjadi vegetarian, maka akan banyak makanan yang menjadi pantangan untuk anda. Oleh sebab itu, anda bisa memulai untuk membeli buku resep atau mencari artikel di internet yang mempelajari cara memasak vegetarian. Dengan begitu anda akan mempunyai banyak menu yang bervariasi agar makanan anda tidak membosankan.

Selain itu, anda juga bisa dengan menemukan restoran vegan yang ada di sekitar anda. mencari restoran vegan, mungkin akan jarang atau sulit ditemukan tetapi anda bisa mencoba dengan memilih menu makanan yang tidak mengandung olahan daging pada restoran apapun. Atau untuk lebih aman, anda bisa dengan memilih menu kentang goreng ataupun salad yang telah menjadi menu umum, sehingga banyak pula restoran yang menyediakan menu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ketahui 5 Efek Samping Antibiotik bagi Tubuh

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dimana penggunaanya biasanya disesuaikan dengan resep dokter. Beberapa infeksi yang bisa disembuhkan yaitu bronkitis, pneumonia, hingga infeksi saluran kemih. Selain dapat mengatasi beberapa masalah tersebut, penggunaan antibiotik juga memberikan masalah kesehatan. Berikut ini, efek samping antibiotik yang wajib diwaspadai. Akibat Penggunaan Antibiotik yang […]

Masih Ragu, Bolehkan Minum Jamu Setiap Hari? Simak Faktanya Di Sini

Jamu merupakan obat herbal di Indonesia yang sudah diyakini secara turun temurun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahan bahan yang digunakan untuk jamu memiliki khasiat yang dinilai cukup ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, konsumsi jamu harus menggunakan dosis dan cara yang tepat. Mungkin anda bertanya tanya, bolehkan minum jamu setiap hari? Yuk simak […]