Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Kenali Penyebab Gangguan Kecemasan Sejak Dini

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab gangguan kecemasan hanya terjadi karena kondisi dan situasi yang mengerikan saja. Akan tetapi, kecemasan dapat pula terjadi akibat kejadian yang selama ini anda jalani sehari-hari. Mulai dari hal sederhana yang biasa anda lakukan, serta beberapa aktifitas yang mampu memicu datangnya gangguan kecemasan. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga pada suasana hati anda. Untuk itu, anda bisa mengenali penyebabnya berikut ni.

Kenali Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Kecemasan Pada Diri Anda

1. Ketika Tubuh Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan diri anda mengalami gangguan kecemasan. Bahkan juga terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara dehidrasi dengan suasana hati. Penelitian tersebut menemukan bahwa sesorang yang mengalami dehidrasi akan gampang merasa tegang, marah dan bingung.  Sehingga menjaga kondisi tubuh dari dehidrasi memang sangatlah diperlukan.

2. Sering Mengkonsumsi Rokok, Obat – Obatan Terlarang Dan Alkohol

Sebagian orang mengatakan bahwa jika merokok, meminum minuman berlakohol dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang dapat membuat tubuh menjadi tenang dan rileks. Nyatanya hal tersebut salah besar, karena mengkonsumsi hal tersebut justru dapat memicu detak jantung dan juga tekanan draah semakin meningkat sehingga menjadi penyebab gangguan kecemasan. Kerugian lain juga banyak ditimbulkan akibat sering menggunakan tiga hal tersebut.

Sebut saja seperti zat yang terkandung dalam asap rokok, yang tentu saja dapat menimbulkan masalah pada pernafasan anda. Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan adanya serangan panik dalam diri anda. Begitu pula dengan alkohol dan obat terlarang yang dapat menyebabkan serangan panik dan dapat mengganggu sistem saraf pusat yang mengakibatkan kemampuan otak untuk menenangkan pikiran dan tubuh menjadi terbatas.

3. Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Aditif

Terkadang seseorang mengalami suasana perubahan hati dan kecemasan setelah mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan seperti aspartam dan fruktosa serta pewarna makanan juga MSG atau penyedap rasa. Hal ini disebabkan karena neurotoksi yang terkandung pada pewarna dan pemanis buatan dapat mengganggu fungsi sistem normal saraf sehingga tentunya menjadi salah satu penyebab gangguan kecemasan.

4. Terlalu Sering Melewatkan Jam Makan

Jika anda termasuk salah satu orang yang terlalu sibuk sehingga jarang makan dengan waktu yang tepat maka gejala kecemasan satu ini juga rentan terjadi pada diri anda. Banyak juga orang yang kehilangan nafsu makan ketika sedang sibuk bekerja terutama dengan tingkatan stres yang tinggi. Penurunan kadar gula darah dan terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan terjadinya perasaan yang mudah tersinggung.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Banyak orang beranggapan bahwa ketika mengkonsumsi kafein akan membuat tubuh lebih bersemangat dan menghilangkan kantuk. Namun jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka hal tersebut akan berakibat sebagai penyebab gangguan kecemasan karena kafein ternyata dapat meningkatkan detak jantung dan memicu adanya serangan panik. Serta beberapa gejala seperti telapak tangan berkeringat, telinga berdengung juga gelisah sepanjang waktu.

Tak hanya itu, seiring berjalannya usia seseorang juga akan mengalami peristiwa-peristiwa yang dapat mengingatkan akan kenangan yang pahit. Untuk itu, ingatan akan kenangan yang buruk pun dapat memicu munculnya gangguan kecemasan pada diri manusia. Begitu pula dengan pikiran negatif, banyak terapis berkata bahwa pikiran negatif akan menurunkan kesejahteraan emosional yang justru akan meningkatkan resiko terhadap kecemasan pada diri seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Agar Tak Salah Pakai, Inilah Fungsi Masker Warna Hijau dan Putih

Masker merupakan penutup hidung yang biasanya digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Umumnya penggunaan masker yaitu warna hijau pada bagain luar, sedangkan warna putih di bagian dalam. Namun, akhir akhir ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan sebuah video yang memberitahukan bahwa penggunaan masker selama ini masih salah. Lalu benarkah ada perbedaan fungsi masker warna hijau dan putih? […]

Yuk Kenali Impetigo, Infeksi Kulit Pada Anak

Infeksi kulit pada anak atau yang bisa dikenal dengan impetigo adalah suatu penyakit kulit menular, yang biasanya terjadi pada bayi, balita dan anak-anak. Infeksi kulit ini biasanya menyerang tubuh pada bagian kaki, tangan dan wajah serta ditandai dengan munculnya bercak merah dan lepuhan pada kulit. Untuk mengetahui gejala dan cara pengobatannya, berikut ini akan diulas […]