Tips Membuat Modem Wifi Telkomsel Makin Kencang

Telkomsel merupakan salah satu provider penyedia layanan komunikasi yang juga menyediakan akses data internet kepada para pengguna mereka. Sebagai perusahaan plat merah alias milik negara, Telkomsel cukup membuat bangga karena menjadi provider yang paling diunggulkan dalam soal luas area cakupan. Itulah mengapa banyak sekali orang, terutama di daerah yang sulit mendapat sinyal jaringan dari provider lain lebih memilih menggunakan modem wifi telkomsel guna berselancar di dunia internet.

Tetapi tentu harus diakui bahwa meski jaringan dari Telkomsel mampu ditangkap di wilayah-wilayah seperti dimaksud tadi, tetap saja sering kali jaringan kurang kuta sehingga aktivitas menjelajah dunia internet kurang dirasa kencang.

Karena itulah artikel ini hadir, guna memberikan beberapa tips yang dapat dicoba guna menguatkan dan mengencangkan jaringan yang ditangkap oleh modem yang digunakan. Adapun tips yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

1. Letakkan di tempat tinggi
Modem wifi atau yang biasa disingkat menjadi Mifi merupakan perangkat yang tugasnya bukan hanya menerima sinyal jaringan tetapi juga bertugas untuk menyebarkan kembali. Penyebaran jaringan dari Modem Wifi tersebut bisa untuk banyak perangkat, jadi tidak hanya satu. Meskipun tetap saja ada batasan maksimal perangkat yang bisa menerimanya misalnya 10, 15, 20 dan lain sebagainya tergantung tipe modem itu sendiri. Tetapi dari situ dapat dipahami bahwa modem wifi tidak seperti modem berbentuk USB stick yang harus dicolok melalui USB perangkat. Dengan demikian, untuk meningkatkan kecepatannya bisa dilakukan dengan cara menempatkan modem wifi di tempat yang cukup tinggi, sehingga sinyal jaringan akan lebih optimal diterima.

2. Maksimalkan bandwidth dari modem
Setiap modem memiliki batas kecepatan maksimal yang bisa dicapai, dimana hal ini bisa dimaksimalkan oleh pengguna jika mengetahui caranya. Caranya sendiri cukup mudah sebetulnya, yaitu cukup dengan membuka software sambungan ke perangkat modem yang biasanya disertakan dalam paket pembelian modem. Setelah itu bukan menu Tool atau peralatan, kemudian pilih network atau jaringan dan lanjutkan dengan memilih opsi WCDMA Only. Pilihan tersebut akan membuat kinerja modem lebih optimal karena akan tetap fokus bekerja pada jaringan yang dipilih tanpa perlu memerhatikan adanya opsi jaringan jenis lain.

3. Batasi jumlah sambungan ke modem
Sudah dikatakan sebelumnya bahwa suatu modem wifi alias mifi akan mampu membagi jaringan yang diterimanya kepada beberapa perangkat sekaligus. Tetapi perlu diingat bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung maka akan semakin banyak pula bandwidth yang terbagi. Contoh sederhananya misalkan bandwidth dari suatu modem adalah 10 megabyte per-second, kemudian ada 2 perangkat yang terhubung maka tiap-tiap perangkat akan mendapatkan 5 megabyte per-second. Maka jelas kiranya mengapa sambungan ke modem harus benar-benar dibatasi guna menjaga kualitas dan tentu saja kecepatan internet yang bisa dinikmati.

Itulah beberapa hal atau tips yang bisa coba diterapkan ketika ingin membuat modem wifi alias mifi telkomsel ingin lebih kencang. Pada dasarnya memang cara di atas dapat diterapkan juga untuk modem-modem lainnya, tetapi karena di daerah-daerah tertentu jaringan yang bisa diterima hanya dari Telkomsel maka cara di atas tidak akan bekerja ketika jaringan provider sama sekali tidak diterima.

Jika kecepatan dari modem wifi telkomsel tidak mengalami peningkatan yang signifikan setelah menerapkan cara di atas, maka mungkin sinyal jaringan yang diterima memang amat sangat lemah. Solusinya bisa dengan menggunakan tipe modem yang lebih mampu menangkap sinyal dengan lebih baik, meski tentu saja konsekuensinya adalah harga yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Kelebihan Byu Dibandingkan Provider Lain?

Bagi para pengguna kartu SIM baru, pemerintah mewajibkan mereka untuk melakukan registrasi nomor telepon yang dimiliki. Peraturan tersebut telah ditetapkan beberapa tahun yang lalu dan masih diberlakukan hingga saat ini. Untuk proses pendaftaran kartu SIM terbilang cukup merepotkan. Pengguna kartu harus mencantumkan nomor Kartu Keluarga dan kartu NIK ketika proses pendaftaran dilakukan. Meskipun ada sebagian […]

Perang Harga Paket Data Provider Seluler

Saat ini internet telah menjadi suatu kebutuhan untuk masyarakat Indonesia, terlebih lagi bagi para generasi millennial. Pasalnya kini dengan kehadiran koneksi internat, masyarakat bisa menonton streaming, bermain game, mengakses media sosial, browsing, dan bahkan melakukan bisnis. Berdasarkan penelitian, saat ini kebanyakan orang sudah tidak bisa lepas lama-lama dari gadget atau smartphone terutama para generiasi millennial […]