Yuk Cari Tahu Penyebab Asam Urat Pada Lansia

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena suatu senyawa kimia yang dibentuk oleh tubuh akibat pemecahan purin. Purin sendiri adalah suatu substansi yang ada pada DNA dan RNA tubuh manusia. Sehingga purin dapat diperoleh dari makanan dan juga terdapat di dalam tubuh manusia. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab penyakit satu ini, akan tetapi kali ini akan diulas penyebab asam urat pada lansia yang perlu anda ketahui.

Penyebab Asam Urat Primer Untuk Lansia

Pada dasarnya asam urat atau hiperurisemia terdiri dari dua jenis, yakni primer dan sekunder. Untuk yang primer biasanya terjadi dikarenakan naiknya asam urat oleh gangguan dari pembentukan dan pengeluaran asam urat secara langsung. Penyebabnya bisa dikarenakan produksi asam urat yang meningkat dari metabolisme yakni purin. Untuk anda yang telah berusia lanjut, akan mengalami kerusakan lebih banyak dibanding orang dewasa pada umumnya.

Selain itu, penyebab asam urat pada lansia juga bisa dikarenakan gangguan ginjal. Pada awalnya asam urat akan diekskresikan oleh ginjal, kerenanya jika ginjal mengalami gangguan maka asam urat juga tak mampu dikeluarkan oleh tubuh dan akan berada dalam darah. Untuk lansia fungsi ginjal akan menurun setiap tahunnya, oleh sebab itu penyakit ini dapat meningkat pada lansia. Beberapa gangguan ginjal diantaranya adalah gagal ginjal kronis dan polikistik ginjal.

Penyebab Asam Urat Sekunder Untuk Lansia

Untuk asam urat sekunder, dapat disebabkan oleh kenaikan asam urat secara tidak langsung karena hal lain yang dapat memicu naiknya penyakit ini. Diantaranya adalah pengaruh obat-obatan dimana obat seperti ethanol, furosemide, cyclosporine, aspirin dosis rendah  ataupun vitamin b12 dapat berfungsi untuk meningkatkan asam urat. Hal ini terjadi karena obat-obatan tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal.

Selain itu, gangguan metabolik juga bisa menjadi penyebab asam urat pada lansia. Hal ini disebabkan karena beberapa gangguan seperti asidoses laktat, dehidrasi, ketosis, diabetes, hiperparatiroidisme dan hypothyroidisme dalam tubuh akan dapat memberikan pengaruh terhadap kerja ginjal. Tentunya hal tersebut akan memicu terjadinya eksresi asam urat di dalam tubuh. Karenanya, anda bisa mulai untuk menjaga kesehatan anda sebaik mungkin.

Tak hanya itu saja, penyakit asam urat juga dapat terjadi akibat adanya komplikasi dari penyakit lain. Jika anda mengidap kanker, maka kemungkinan anda juga bisa terkena asam urat. Kanker sendiri terjadi karena kondisi sel yang membelah secara berlebeihan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pelepasan purin yang lebih banyak dari ukuran manusia normal pada umumnya. Sehingga hal tersebut juga akan menjadi salah satu penyebab kadar asam urat meningkat.

Dengan melakukan kemoterapi, dimana hal tersebut merupakan salah satu metode untuk mengobati kanker, ternyata hal ini dapat mematikan sel-sel pada kanker dan juga meningkatkan pelepasan purin pada tubuh. Jika purin mengalami proses pelepasan yang berlebihan, maka akan terjadi efek di dalam tubuh yakni kadar asam urat yang meningkat. Sehingga hal tersebut nantinya akan juga menjadi salah satu penyebab asam urat pada lansia.

Oleh sebab itu, anda bisa mulai menerapkan gaya hidup yang sehat sehingga nantinya pada saat telah menginjak usia lansia yakni diatas 65 tahun akan terhindar dari penyakit satu ini. Penyakit ini tentu saja tak hanya menyerang pada saat usia lansia saja, melainkan juga pada usia produktif, anda juga bisa terkena penyakit asam urat ini. Untuk itu anda bisa mulai menjaga kesehatan sejak dini untuk mencegah penyakit satu ini muncul di kehidupan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Kenali Penyebab Gangguan Kecemasan Sejak Dini

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab gangguan kecemasan hanya terjadi karena kondisi dan situasi yang mengerikan saja. Akan tetapi, kecemasan dapat pula terjadi akibat kejadian yang selama ini anda jalani sehari-hari. Mulai dari hal sederhana yang biasa anda lakukan, serta beberapa aktifitas yang mampu memicu datangnya gangguan kecemasan. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga pada suasana […]

Kena Sembelit Setelah Diare, Kenali Alasannya

Penyakit diare dapat menyerang siapa saja dan dari segala jenis usia. Ketika mengalami gejala ini, sebaiknya anda tidak boleh menyepelekannya karena jika dibiarkan tanpa diobati maka penyakit satu ini justru akan berlangsung lebih lama dan dapat menyebabkan komplikasi. Namun setelah mengonsumsi obat, ternyata anda justru kena sembelit setelah diare. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Simak […]