Yuk Intip Cara Mengatasi Trauma Dari Survivor Kanker

Apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata kanker? Penyakit paling mengerikan? Penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Atau penyakit yang akan menguras kantong untuk biaya pengobatan? Beragam opini negatif inilah yang menghantui siapapun yang terdiagnosa kanker. Yuk belajar cara mengatasi trauma dari para survivor kanker di Indonesia.

Pengobatan kanker memang telah banyak diupayakan. Mulai dari menjalani kemoterapi hingga ragam tanaman herbal yang dieprcaya ampuh mematikan bibit kanker dalam tubuh. Semua itu juga dialami oleh beberapa survivor kanker berikut ini. Mau tahu bagaimana mereka bangkit dari pengalaman traumatis kanker?

Cara Survivor Kanker Mengatasi Trauma

Sebagai manusia biasa penderita kanker pun membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekat untuk melawan penyakit ini. Trauma kanker akan mengubah karakter dan berdampak buruk pada kehidupan seseorang tanpa adanya support yang positif. Berikut ini cara sejumlah selebriti survivor kanker mengatasi trauma mereka.

1. Titiek Puspa
Ketika divonis mengidap kanker kandungan yang menyerangnya pada tahun 2011, usia penyanyi senior ini telah mencapai 73 tahun. Namun penyakit kanker tak lantas membuat Eyang titiek yang enerjik ini patah semangat. Satu hal yang terus memicu semangatnya untuk sembuh adalah dengan tetap berkarya di dunia hiburan meski tengah menjalani sejumlah perawatan medis. Dan saat ini Titiek Puspa sudah dinyatakan bebas dari penyakit kankernya.

2. Ria Irawan
Kanker kelenjar getah  bening yang diderita artis Ria Irawan sempat membuatnya frustrasi. Apalagi ia juga mengalami kerontokan rambut yang cukup parah setelah menjalani serangkaian sesi kemoterapi. Namun perempuan yang dikenal sebagai bintang film kawakan ini terus memupuk semangatnya untuk sembuh. Salah satu cara mengatasi trauma kanker yang dilakukan Ria adalah bergabung dalam komunitas survivor kanker. Disana ia bisa berbagi pengalaman dan mendapat support dari perempuan perempuan seperjuangan melawan kanker.

3. Pevita Pearce
Pada April 2016 lalu artis berbakat Pevita Pearce menjalani operasi pengangkatan tumor jinak. Ia baru mengetahui ada tumor dalam payudaranya ketika melakukan check up. Namun penyakit ini tidak menyurutkan langkah Pevita untuk eksis di dunia entertainment. Perempuan cantik ini mengaku sudah mengubah pola hidupnya. Untuk mematikan bibit tumor dalam tubuhnya Pevita semakin bersemangat menjalani pola hidup yang lebih sehat. Ia sangat menjaga asupan makanan yang dikonsumsi serta rutin berolahraga.

4. Andien
Menerima vonis kanker di usia belia tentu meninggalkan jejak trauma yang mendalam bagi Andien. Penyanyi yang mantap memilih aliran jazz ini menderita kanker payudara saat masih duduk di bangku kelas 2 SMA. Ia mengaku sempat merasa kurang percaya diri karena penyakitnya. Namun kecintaannya pada karier menyanyi menjadi cara mengatasi trauma paling ampuh menurut Andien. Setelah menjalani operasi pada tahun 2012, Andien kembali eksis di tanah air. Penyanyi yang telah menjadi ibu muda ini menerapkan pola hidup sehat agar bibit kanker tidak lagi menyerangnya.

Bessel van der kolk dalam bukunya The bodys the score menyebutkan bahwa dukungan yang baik merupakan langkah penting dalam penyembuhan kanker. Bergabung dalam komunitas komunitas survivor kanker akan sangat membantu. Support positif sebagai cara mengatasi trauma kanker bisa didapatkan dari berbagi pengalaman dan bertukar rekomendasi pengotaban. Mari belajar dari keempat survivor kanker tersebut. bahwa kanker bukanlah alasan untuk menghentikan impian dan kariermu. Keluarga, sahabat, dan perjuanganmu meraih mimpi akan menjadi penggerak untuk mengatasi trauma dan melanjutkan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ketahui 5 Efek Samping Antibiotik bagi Tubuh

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dimana penggunaanya biasanya disesuaikan dengan resep dokter. Beberapa infeksi yang bisa disembuhkan yaitu bronkitis, pneumonia, hingga infeksi saluran kemih. Selain dapat mengatasi beberapa masalah tersebut, penggunaan antibiotik juga memberikan masalah kesehatan. Berikut ini, efek samping antibiotik yang wajib diwaspadai. Akibat Penggunaan Antibiotik yang […]

Masih Ragu, Bolehkan Minum Jamu Setiap Hari? Simak Faktanya Di Sini

Jamu merupakan obat herbal di Indonesia yang sudah diyakini secara turun temurun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahan bahan yang digunakan untuk jamu memiliki khasiat yang dinilai cukup ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, konsumsi jamu harus menggunakan dosis dan cara yang tepat. Mungkin anda bertanya tanya, bolehkan minum jamu setiap hari? Yuk simak […]